Jum'at, 30 Oktober 2020

Sangar, Politisi Ini Jadikan Mercy E500 Sebagai Peti Mati Untuk Dirinya

Saking kayanya, mobil aja dijadikan peti mati

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
politisi afrika minta dikubur dalam mobil mercedes bututnya (Oddity Central)
politisi afrika minta dikubur dalam mobil mercedes bututnya (Oddity Central)

Mobimoto.com - Seorang politisi asal Afrika Selatan, meninggal dunia dan memiliki satu wasiat terakhir yang sedikit aneh, ia ingin dikubur dalam mobil Mercedes-Benz kesayangannya.

Dia adalah mendiang Tshekede Bufton Pitso, seorang mantan pemimpin Gerakan Demokrasi Bersatu (UDM) di Eastern Cape, Afrika Selatan.

Dilansir dari Oddity Central, politisi ini diturunkan ke tempat peristirahatan terakhirnya di Sterkspruit, Afrika Selatan, Sabtu, 28/3/2020 setelah pingsan di dalam Mercedes E500 1990-an.

Ia dikenal memiliki sekumpulan mobil mewah Mercedes-Benz. Namun dalam beberapa tahun terakhir karena kondisi keuangan, ia akhirnya menjual beberapa mobil mewahnya.

Meskipun Mercedes E500 miliknya adalah mobil bekas, rusak, dan tidak bisa dikendarai, namun Pitso sering menghabiskan waktu di dalamnya sembari mendengarkan radio.

Proses pemakamam politisi Afrika Selatan (Oddity Central)
Proses pemakamam politisi Afrika Selatan (Oddity Central)

Kata keluarganya, itu adalah kegiatan favorit Pitso setiap hari. Hingga akhirnya Pitso berwasiat bahwa dirinya ingin mati dikebumikan bukan masuk ke dalam peti melainkan dikubur dengan mobil kesayangannya tersebut.

“Sekitar dua tahun lalu dia membeli Mercedes-Benz bekas. Tidak lama kemudian mobil itu rusak tetapi dia masih menghabiskan sebagian besar waktunya di sana," kata Sefora Letswaka, putri mendiang Pitso.

"Dia tidak bisa mengendarai mobil itu, tetapi di situlah dia bahagia dan menghabiskan banyak waktu dengan duduk di belakang kemudi," jelasnya.

“Dia berkata ketika meninggal dunia, ia ingin dimakamkan di dalam Mercedes E500 miliknya. Kami mendengarkan dan menghormati keinginannya itu dan berharap dia senang,” imbuh Sefora.

Lewat foto-foto yang disebarkan di media sosial Facebook, jenazah Pitso nampak didudukkan di kursi kemudi mobil lengkap dengan sabuk pengaman yang melintang di badannya.

Bukan main lebar lubang makam yang harus digali. Karena alasan itu juga, pihak pemakaman harus menggali kuburan dengan ekskavator.

Nampaknya, ini bukan kasus pertama mengubur orang dalam mobil di Afrika. Beberapa tahun lalu, seorang lelaki Nigeria mengubur ayahnya bersama BMW X5 baru. Dan lima tahun lalu, seorang pengusaha Nigeria lainnya mengubur ibunya dalam sebuah mobil SUV Hummer.

Terkait

Terkini