Sabtu, 31 Oktober 2020

Penuh Risiko, Begini Aksi Petugas Damkar Saat Bertugas

Tak cuma api, kecelakaan juga mengancam nyawa para petugas, kendaraan kurang memadai?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Aksi petugas damkar yang bikin ngeri. (Instagram/@indonesiafirefighter).
Aksi petugas damkar yang bikin ngeri. (Instagram/@indonesiafirefighter).

Mobimoto.com - Jadi petugas pemadam kebakaran (damkar) itu tak mudah. Mereka dituntut untuk menuju lokasi kebakaran secepat mungkin agar api tak keburu merambat ke mana-mana. Di sisi lain, dengan alat angkut petugas yang seadanya, mereka juga bertaruh nyawa tak cuma di lokasi kebakaran namun juga di jalan, seperti yang satu ini.

Ramai di media sosial, aksi petugas damkar saat sedang melintas di jalan. Bermodalkan mobil pickup, petugas ini mencoba segesit mungkin agar bisa segera sampai di lokasi. Namun kondisi mereka saat naik mobil tersebut jadi sorotan warganet.

Video tersebut diunggah oleh kaun @indonesiafirefighter via media sosial Instagram hari ini (8/4/2020). Akun tersebut menyebutkan bahwa video ini berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dalam video tersebut, terlihat beberapa petugas yang naik bak mobil pickup. Sekilas mobil ini terlihat over kapasitas. Para petugas ini pun sampai harus ikut miring agar mobil tidak terguling saat sedang berada di tikungan dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Penuh risiko, aksi petugas ini pun memicu pro dan kontra di kalangan warganet. Di satu sisi mereka harus segera sampai di lokasi, namun di sisi lain mereka juga harus sampai dengan aman. Berikut beberapa komentar di antaranya.

"Udah dikasih sirine kok Yo pada g mau minggir klo ketabrak bukan salah petugas,tapi salah sndiri..." tulis @wien_de.

"Yang pertama Nyawa seorang fighter ketika berangkat menuju 65 ada di tangan driver atau supir. Percayakan dengan driver." kata @septiyanjam27.

"Semoga relawan selalu diberi keselamatan....jgn sampai niat mau menolong,malah jadi ditolong safety first." ujar @tommy_praya.

Terkait

Terkini