Sabtu, 31 Oktober 2020

Ini Alasan Kenapa Tulisan di Mobil Ambulans Terbalik, Tujuannya Bagus

Ini maksud dari penulisan ambulance dibuat terbalik.

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mobil ambulans. (Facebook)
Ilustrasi mobil ambulans. (Facebook)

Mobimoto.com - Saat pandemi virus corona seperti sekarang ini, mobil ambulans sedang sibuk-sibuknya. Sebab selalu berlalu lalang mengantarkan pasien.

Biasanya armada ambulans ini menggunakan mobil jenis van dengan kapasitas kabin yang lega. Sehingga pasien dapat tertampung dengan baik.

Tapi jika diperhatikan lebih jauh, tulisan "Ambulance" pada mobil kok terlihat berantakan ya? Tenang bro, itu ada maksud tersendiri.

Penulisan kata ambulance memang sengaja dibuat terbalik, jika dibaca langsung akan berbunyi "Eclanubma". Tapi ini akan terlihat jelas kata "AMBULANCE" ketika terbaca melalui kaca spion.

Ambulans mewah. (Facebook)
Ilustrasi mobil ambulans. (Facebook)

Penulisan ini memang standar internasional untuk sebuah armada ambulans, biasa disebut dengan mirror writing atau penulisan cermin.

Hal ini berkaitan dengan hak istimewa ambulans ketika berada di jalan raya. Ambulans memiliki prioritas utama saat mengantarkan pasien.

Semua itu tertuang dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), khususnya pasal Pasal 134, Ambulans memiliki hak atau prioritas khusus untuk didahulukan dalam arus lalu lintas.

Sudah paham kan bro, bukan karena typo ya. Jadi selalu dahulukan ambulans ketika berpapasan di jalanan ya bro.

Terkait

Terkini