Kamis, 06 Agustus 2020

Perkuat Aliansi, Mitsubishi Akan Beli Saham Renault?

Nissan dan Mitsubishi terus menggalang kemitraan demi mencegah anjloknya pemasaran dan perkuat aliansi.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Mitsubishi. (logodesignlove.com)
Mitsubishi. (logodesignlove.com)

Mobimoto.com - Mitsubishi Corporation dikabarkan berpotensi untuk menanamkan investasi di perusahaan Renault sebagai strategi untuk memperkuat aliansi tiga industri otomotif Eropa dan Asia yang dahulu dibentuk oleh Carlos Ghosn, yaitu Renault, Nissan dan Mitsubishi Motors.

Les Echos, sebuah surat kabar Prancis menyatakan bahwa seorang eksekutif yang tak ingin disebutkan namanya membeberkan bila salah satu pemilik saham di produsen otomotif berlogo tiga berlian itu akan mengakuisisi 10 persen saham milik Renault.

Bahkan sebuah sumber mengatakan, hal ini menjadi salah satu skenario dari beberapa pertemuan yang telah dilakukan. Sedangkan keputusan lain tengah dirumuskan, mencakup rencana restrukturisasi dan skema penghematan dana segar.

Saat ini, Mitsubishi Corporation hanya memiliki 20 persen saham di Mitsubishi Motors setelah diakuisisi Nissan. Kini, Nissan menjadi pemegang saham terbesar Mitsubishi. Sementara di sisi lain, Nissan memiliki 15 persen saham Renault, dan sebaliknya Renault memiliki 43 persen saham Nissan.

Hubungan antara Renault dan Nissan belakangan semakin memburuk setelah penangkapan mantan ketua aliansi, yaitu Carlos Ghosn di Jepang pada akhir 2018.

Sejak kasus itu, Renault dan Nissan membersihkan jajaran dewan direksi yang diduga memiliki kaitan dengan kasus Carlos Ghosn. Namun momentum untuk projek-projek bersama banyak tertunda.

Carlos Ghosn dalam Paris Motor Show beberapa tahun silam [Shutterstock].
Carlos Ghosn tampil dalam Paris Motor Show  2017  [Shutterstock].

Mitsubishi dan Nissan bertekad untuk mencoba dan membangkitkan kembali aliansi. Pasalnya, pembuat mobil menghadapi permintaan yang terus menurun di pasar negara berkembang dan mahalnya biaya pengembangan model baru menjadi salah satu pertimbangan.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini