Rabu, 03 Juni 2020

Daftar Harga Mobil Tahun 1984, Yang Termahal Kini Sedang Jadi Bahan Omongan

Mobil termahal di era itu seharga Rp 24 juta dan kini sedang jadi omongan, mobil apakah itu?

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Mobil Tua. (unsplash/Samuel Zeller)
Ilustrasi Mobil Tua. (unsplash/Samuel Zeller)

Mobimoto.com - Sejak beberapa dekade silam, kendaraan roda empat atau mobil sudah menjadi daya pikat bagi orang-orang berduit. Promosi produknya pun sejak dulu sudah digencarkan.

Tak heran jika makin hari, jalanan terutama di kota-kota besar makin penuh dengan beragam kendaraan mentereng yang kini harganya ratusan juta rupiah.

Namun sebelum di era mobil berharga ratusan juta rupiah, empat dekade lalu atau di era tahun 1980-an, harga mobil hanya belasan juta.

Seperti yang terpampang dalam brosur harga mobil di tahun 1984 yang dilansir dari akun Instagram khusus nostalgia, Tv90a berikut ini.

Harga mobil tahun 1984.
Harga mobil tahun 1984.

Dari brosur di media cetak itu terpampang jelas harga beberapa merek mobil seperti Honda, Daihatsu, Mazda, Suzuki hingga Toyota yang dijual di Indonesia di tahun itu.

Dari brosur daftar harga itu pula bahwa harga mobil tak semahal sekarang di mana saat itu, uang Rp 3,4 juta sudah mendapat sebuah mobil.

Mobil dengan harga termurah disandang oleh Daihatsu Hi Jet Pick up yang dibanderol senilai Rp 3,4 juta, lalu mobil apa yang paling mahal?

Wah ternyata mobil yang paling mahal kini namanya sedang populer dan dibicarakan banyak orang berkat sebuah virus bernama serupa.

Yap, Toyota Corona menjadi mobil termahal dalam brosur tersebut. Mobil jenis sedan itu dibanderol dengan harga hingga Rp 24 juta.

Saking bergengsinya mobil Toyota Corona di masa itu, ratu dangdut Elvy Sukaesih bahkan sempat mengabadikannya dalam sebuah lagu berjudul Corona (Demi Cinta).

Dalam lirik lagu tersebut terkandung tentang penolakan seorang wanita dipaksa nikah dengan orang yang tak dicintainya, meski dapat mas kawin sebuah mobil Toyota Corona.

Terkait

Terkini