Senin, 14 Juni 2021

Soal Karimun Wagon R Baru, Suzuki Masih Malu-malu Ungkap Peluncurannya

Sebagai informasi, Suzuki India sebenarnya sudah meluncurkan Wagon R generasi ketiga pada tahun lalu. Indonesia kapan?

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Mobil Suzuki/indianautosblog
Ilustrasi Mobil Suzuki/indianautosblog

Mobimoto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) seperti masih malu-malu mengungkap waktu peluncuran Karimun Wagon R terbaru. Meski belum memberikan banyak informasi terkait peluncuran produk, namun produsen otomotif asal Jepang ini sudah memberi sinyal peluncuran akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Sebentar lagi, lah. Sebentar lagi bakal ada informasinya," ujar Donny Setiawan, Direktur Pemasaran PT SIS 4W, di JCC Senayan, Jakarta.

Peluncuran varian baru Suzuki Karimun, yaitu Wagon R GS, di IIMS 2014, Jakarta, Kamis (18/9/2014). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Suzuki Karimun Wagon R GS versi 2014. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Lebih lanjut, terkait ubahan yang akan dilakukan untuk Karimun Wagon R, Donny Setiawan mengaku sudah mengantongi apa yang menjadi kebutuhan konsumen saat ini. Namun untuk detailnya seperti apa, ia belum bersedia memberikan keterangan.

"Hasil studi sudah ada di tempat kami. Tapi nanti saat sudah siap kami perkenalkan akan kami informasikan lebih lanjut. Nanti dulu untuk detailnya," ucap Donny Setiawan.

Sebagai informasi, Suzuki India sebenarnya sudah meluncurkan Wagon R generasi ketiga pada tahun lalu. Mobil yang masuk dalam kategori city car ini hadir dalam tiga varian L, V dan Z. Perubahan yang terjadi hampir menyeluruh, kecuali bagian mesin dan transmisi.

Dipandang dari segi desain, Suzuki Wagon R baru tampak lebih membulat dengan platform anyar yang sebelumnya sudah tersemat pada Suzuki Ertiga, Swift dan Ignis.

Berkat penggunaan platform baru, bobot Wagon R diklaim jadi lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Bila model lama memiliki bobot 895 kg, saat ini terpangkas sebanyak 50 kg menjadi 845 kg.

Sementara panjang bodi bertambah 19 mm menjadi 3.655 mm, melebar 145 mm menjadi 1.620 mm, meninggi hanya 5 mm ke 1.675 mm dan wheelbase melar 35 mm ke 2.435 mm.

Tenaganya sendiri mengandalkan mesin lama K10B 3-silinder 1.0L bertenaga 68 PS dan torsi 90 Nm. Sedangkan pilihan untuk varian atas, mesin K12M 4-silinder 1.2Lmilik Suzuki Ignis dengan tenaga 83 PS dan torsi 113 Nm. Keduanya dipasangkan kepada transmisi manual 5-percepatan atau Automated Manual Transmission (AMT) yang lebih dikenal sebagai Auto Gear Shift (AGS).

Harganya di India mulai Rs 4,19 lakh (Rp 82 jutaan) untuk tipe LXI 1.0L, sampai Rs 5,69 lakh (Rp 113 jutaan) untuk ZXI 1.2L AGS.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini