Mobil

Berpolemik Tentang Keris Diponegoro, Ini Koleksi Kendaraan Fadli Zon

Fadli Zon berdebat dengan sejarawan Bonnie Triyana tentang keabsahan keris Diponegoro yang dikembalikan Pemerintah Belanda.

Angga Roni Priambodo

Fadli Zon.[Suara.com/Fakhri]
Fadli Zon.[Suara.com/Fakhri]

Mobimoto.com - Dikembalikannya sebuah keris Kiai Naga Siluman yang diklaim milik Pangeran Diponegoro oleh Pemerintah Belanda ke Indonesia ternyata membawa polemik.

Di satu sisi, banyak yang menyambut baik inisiatif dari negeri Tulip itu, namun di sisi lain, ada pihak yang meragukan keabsahan keris tersebut.

Politisi yang dikenal sebagai kolektor keris Nusantara, Fadli Zon adalah salah satu orang yang meragukan keabsahan Kiai Naga Siluman yang dikembalikan Belanda.

Ia bahkan sampai berdebat di media sosial Twitter dengan sejarawan Bonnie Triyana tentang keabsahan keris milik pangeran kerajaan Mataram itu.

Fadli Zon memang dikenal sebagai politisi vokal. Tak hanya mengoleksi keris, politisi Partai Gerindra itu juga punya beberapa koleksi kendaraan.

Dilihat dari e-LHKPN, berikut koleksi kendaraan milik sahabat Fahri Hamzah itu.

LHKPN Fadli Zon. (KPK)
LHKPN Fadli Zon. (KPK)

Anggota DPR RI itu tercatat memiliki enam buah mobil dan empat buah sepeda motor.  Koleksi mobilnya didominasi oleh merek Toyota sementara motornya oleh pabrikan Jepang, Honda.

Toyota Vellfire. (Toyota Astra)
Toyota Vellfire. (Toyota Astra)

Pria 48 tahun tersebut tercatat memiliki Toyota Vellfire, Alphard, Camry hingga Toyota Hiluz. Sementara dua mobilnya yang lain adalah Range Rover Evoque dan Daihatsu Gran Max.

Sedangkan untuk koleksi kendaraan roda duanya, Fadli Zon memiliki tiga buah motor merek Honda terdiri dari BeAT dan Karisma serta satu buah Suzuki Smash tahun 2005.

Sebelumnya keris Pangeran Diponegoro yang dikabarkan sempat hilang dan akhirnya ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda dikembalikan ke Indonesia pada Selasa (10/3/2020). 

Kontroversi timbul karena selama ini orang punya persepsi bahwa keris Naga Siluman milik Pangeran Diponegoro itu dhapurnya adalah Naga Siluman.

Ternyata bukan keris yang berdhapur Naga Siluman, tapi berdhapur Naga Sosro Kamarogan. 

Berita Terkait

Berita Terkini