Mobil

Kehabisan Daya Saat Naik Mobil Listrik? Durian Bisa Jadi Solusinya

Buah durian bisa menjadi energi alternatif untuk pengisian daya kendaraan listrik

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno

Buah durian jadi energi alternatif kendaraan listrik (Suara.com/Alfian Winanto)
Buah durian jadi energi alternatif kendaraan listrik (Suara.com/Alfian Winanto)

Mobimoto.com - Akhir-akhir ini, stok buah durian di beberapa daerah melimpah. Bahkan di pinggir jalan, banyak penjual yang membuka lapak durian.

Harga pun bersaing di tiap-tiap daerah. Buat penyuka durian pastinya langsung menyerbu lapak penjual durian.

Nah buat yang suka makan durian, jangan buang kulit durian kalian ke tempat sampah. Ternyata kulit bulit buah durian bisa bermanfaat untuk isi daya seperti ponsel maupun kendaraan listrik.

Dikutip dari ubergizmo, seorang ilmuwan berhasil menemukan sisi lain dari kulit buah durian. Kulit buah durian bisa mengisi daya secara cepat untuk perangkat genggam dan daya mobil listrik.

Mobil listrik V8VADI karya ITENAS. (Instagram/@isnainiwiwi)
Mobil listrik V8VADI karya ITENAS. (Instagram/@isnainiwiwi)

Berkat tekstur kulit berduri, peneliti bisa memanfaatkan sampah kulit dari buah tersebut. Peneliti mengubahnya menjadi kapasitor super yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah energi besar untuk fast charging.

Menurut peneliti tersebut, kulit buah durian mampu menjadi tempat terjadinya reaksi kimia untuk bisa menyimpan energi berupa energi listrik.

Jadi, buat kalian yang punya kendaraan listrik, jangan takut kehabisan daya lagi. Buah durian bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Memang buah durian bukan menjadi buah pertama yang mampu menyimpan daya untuk pengisian daya listrik. Sebelumnya juga pernah dilakukan oleh peneliti mengenai pisang dan kentang yang bisa menyimpan energi listrik.

Berita Terkait

Berita Terkini