Mobil

Bukan Hanya Negatif, ini Jenis Camber yang Ada Pada Mobil

Camber itu ada tiga jenis lho, ini penjelasannya

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus

Ilustrasi camber negatif pada Lexus LS400.[stancenation.com]
Ilustrasi camber negatif pada Lexus LS400.[stancenation.com]

Mobimoto.com - Mobimoto.com - Buat anak mobil pasti tidak asing dengan kata camber. Tapi apa sebenarnya pengertian dari camber pada mobil?

Melansir dari turnology.com, pengertian camber adalah adalah sudut kemiringan roda bagian atas terhadap garis vertikal. Oleh karena itu camber mempunyai peranan penting di sektor kaki-kaki.

Sudut camber pada mobil terbagi ke 3 macam yakni positif, negatif, dan nol. Jenis ini terbagi berdasarkan posisi roda pada garis lurus.

Sudut camber positif terjadi apabila roda miring ke arah luar terhadap garis vertikal. Secara visual, camber ini terlihat roda miring ke arah luar.

Ilustrasi camber negatif dan positif.[turnology.com]
Ilustrasi camber negatif dan positif.[turnology.com]

Sedangkan sudut camber negatif terjadi apabila roda miring ke arah dalam terhadap garis vertikal. Nah camber inilah yang sering dipakai oleh anak modif untuk aliran stance ataupun bagged.

Yang terakhir sudut camber nol, apabila garis tengah roda segaris dengan garis vertikal. Secara tampilan, posisi roda sejajar dengan garis lurus.

Masing-masing sudut camber tentunya mempunyai kegunaan masing-masing. Dan tak kalah penting harus disesuaikan dengan spesifikasi yang sudah disarankan oleh pabrikan.

Berita Terkini