Senin, 02 Agustus 2021

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengemudikan Mobil Saat Hujan

Perhatikan hal-hal di bawah ini ketika mengemudikan mobil saat hujan ya

Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Mengemudi Mobil Di Saat Hujan. (Unsplash/Alexandra Mirghe)
Ilustrasi Mengemudi Mobil Di Saat Hujan. (Unsplash/Alexandra Mirghe)

Mobimoto.com - Mobimoto.com - Saat ini musim hujan masih mengguyur beberapa daerah di Indonesia. Kendaraan jenis mobil masih bisa digunakan karena bisa terbebas dari basah dari air hujan.

Meski dapat menerjang hujan, namun sebelum Anda mulai mengemudikan mobil saat hujan, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini. Melansir dari driving-tests.org, ada 10 hal yang harus diperhatikan.

1. Tunggu hingga cuaca lebih mendukung.

Jika Anda salah satu pengemudi yang kurang nyaman saat hujan, ada baiknya menunda dahulu. Tungga cuaca sampai benar-benar mendukung.

2. Periksa kesiapan mobil

Mengemudikan mobi saat hujan pastinya mempunyai risiko tersendiri. Oleh sebab itu periksa kesiapan mobil, terutama ban jangan sampai kurang tekanan atau permukaan ban sudah habis.

Selain itu pastikan lampu utama, lampu belakang, rem, hingga wiper berfungsi dengan normal. Sebab fitur tadi sangat diperlukan saat hujan.

Periksa Permukaan Ban Mobil. (risleymotandtruckltd)
Periksa permukaan ban mobil. (risleymotandtruckltd)

3. Pelan-pelan

Saat mengemudikan mobil diwaktu hujan, disarankan untuk menjaga kecepatan mobil. Jangan sampai kebut-kebutan karena akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

4. Nyalakan lampu

Jika curah hujan sangat lebat, disarankan untuk menghidupkan lampu utama. Ini dapat membantu meningkatkan visibiltas Anda dalam berkendara.

5. Nyalakan wiper

Saat hujan deras ataupun sedang diharuskan menyalakan wiper. Hal ini agar kaca depan selalu bersih dan dapat dengan jelas melihat depan.

Jaga jarak aman dengan mobil lain. (Unsplash/Ashwini Chaudhary)
Jaga jarak aman dengan mobil lain. (Unsplash/Ashwini Chaudhary)

6. Jaga jarak

Selain kecepatan, jaga jarak aman antar mobil juga perlu diperhatikan. Jarak pengereman saat hujan tentu berbeda dengan kondisi jalan kering.

7. Jaga ventilasi

Jangan lupa perhatikan aliran udara yang masuk ke dalam mobil. Sebab jika ada jendela yang terbuka bisa menyebabkan kabut di kaca, apalagi depan yang sangat berbahaya. Jika mobil berkabut, segera menepi dan bersihkan.

Terkait

Terkini