Mobil

Bukan Kendaraan Mewah, Ini Mobil yang Pernah Dipakai Pak Harto Blusukan

Mobil yang sering dipakai mantan Presiden Suharto blusuka nini juga banyak digunakan sebagai mobil niaga. Mobil apa ya?

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Presiden Soeharto. (kepustakaan-presiden.pnri.go.id)
Presiden Soeharto. (kepustakaan-presiden.pnri.go.id)

Mobimoto.com - Dalam menjalankan peran sebagai pemimpin, para presiden tentu memiliki kendaraan-kendaraan khusus yang mereka gunakan untuk menyokong kegiatan kenegaraan mereka.

Tak terkecuali presiden kedua Indonesia, Suharto. Tak melulu berada di istana, presiden yang dijuluki The Smiling General tersebut juga kerap melakukan blusukan ke berbagai daerah di Tanah Air.

Melalui potret lawas yang kemudian diunggah oleh pengguna akun Twitter @Arulbaex, terlihat salah satu kendaraan yang pernah digunakan untuk blusukan. Kendaraan apa itu?

Aksi blusukan Presiden Soeharto. (Twitter)
Aksi blusukan Presiden Suharto. (Twitter)

Usut punya usut, saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah, tahun 1970, rombongan presiden tersebut sempat memantau objek pengairan dengan menggunakan mobil Van yang saat ini tergolong klasik. Mobil apa itu?

Mobil tersebut adalah Toyota HiAce generasi pertama. Bukan kendaraan tangguh seperti halnya Jeep Rubicon maupun kendaraan penjelajah mewah lainnya, mobil ini hanyalah mobil komuter merakyat yang jamak ditemukan di pasaran.

Mobil yang digunakan Pak Soeharto untuk blusukan. (Twitter)
Mobil yang digunakan Pak Soeharto untuk blusukan. (Twitter)

Dulunya mobil ini hadir di pasaran dengan berbagai variasi mesin, mulai dari mesin bensin 1.35L bertenaga 70 PS (51 kW) sampai versi 1.6L bertenaga 83 PS(61 kW).

Kabarnya, mobil ini masuk ke Indonesia secara CKD (rakitan) untuk versi pick up yang sebagian dikonversi menjadi minibus oleh karoseri lokal. Versi built up (impor secara utuh) juga cukup banyak terutama untuk kendaraan dinas (instansi pemerintah).

Itulah beberapa fakta mengenai kendaraan yang sempat digunakan rombongan Presiden Suharto untuk blusukan. Ada yang masih punya mobil ini?

Berita Terkait

Berita Terkini