Mobil

Avanza & Xpander Bersaing Ketat di Penjualan LMPV Indonesia, Siapa Unggul?

Posisi lima besar di kelas LMPV mengalami pergeseran dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Angga Roni Priambodo

New Veloz. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)
New Veloz. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)

Mobimoto.com - Model Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) sejauh ini masih menjadi model paling laris di Indonesia. Sepanjang Januari 2020 rupanya terjadi sedikit pergeseran di posisi lima teratas dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Berdasarkan data pabrikan ke dealer (wholesales) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sepanjang Januari 2020 jumlah mobil yang terdistribusi sebanyak 19.573 unit.

Dari jumlah total itu, Toyota Avanza berhasil menjadi model terlaris dengan distribusi sebanyak 6.600 unit. Menyusul berikutnya adalah Mitsubishi Xpander dengan 4.996 unit.

All New Toyota Avanza [Dok PT Toyota Astra Motor].
All New Toyota Avanza [PT Toyota Astra Motor]

Di posisi ketiga, Suzuki Ertiga berhasil merangsek dengan jumlah unit terdistribusi sebanyak 3.488 unit. Di bawahnya ada Daihatsu Xenia yang terdistribusi sebanyak 1.941 unit. Terakhir ditempati Honda Mobilio 1.580 unit.

Namun berdasarkan data GAIKINDO pada Januari 2019, terlihat bila posisi Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Xenia mulai bergeser.

Pada periode yang sama tahun sebelumnya, Mitsubishi Xpander masih menjadi LMPV terlaris dengan penjualan 5.708 unit. Di bawahnya menyusul Toyota Avanza 5.568 unit.

Di posisi ketiga pada Januari 2019 ditempati Daihatsu Xenia 3.037 unit. Sementara Suzuki Ertiga terdistribusi 894 unit dan di posisi kelima ditempati Wuling Confero dengan torehan 339 unit.

Namun, model LMPV secara umum mengalami kenaikan selama Januari 2020. Total distribusi dari pabrik ke dealer (wholesales) dari data GAIKINDO terkerek sekira 17,3 persen.

Segmen ini berhasil terserap ke dealer sebanyak 19,573 unit, sedangkan tahun sebelumnya di bulan yang sama tercatat sekitar 16.174 unit.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini