Sabtu, 06 Juni 2020

Bersejarah, Ini 2 Mobil Mantan Presiden SBY saat Masih Berdinas Militer

Dua mobil bersejarah itu akan dipajang di museum yang akan dibangun di tanah kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono di Pacitan, Jawa Timur.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (suara.com)
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (suara.com)

Mobimoto.com - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan akan segera mendirikan museum di kampung kelahirannya di Pacitan, Jawa Timur.

Dalam museum tersebut, rencananya akan dipajang sederet barang-barang memorabilia yang berhubungan dengan kehidupan keluarga presiden yang akrab disapa SBY tersebut.

Menurut Jansen Sitindaon, politisi partai Demokrat yang juga sekaligus pemilik akun Twitter bernama @jansen_jsp ini berujar bahwa dua barang yang akan dipajang di museum tersebut adalah mobil dinas SBY saat sebelum menjadi presiden.

Mobil yang dipakai Presiden SBY saat masih aktif menjadi tentara. (Twitter)
Mobil yang dipakai Presiden SBY saat masih aktif menjadi tentara. (Twitter)

"Dua memorabilia yg sudah datang ini adalah: mobil dinas yg dipakai pak @SBYudhoyono ketika menjadi Komandan Brigif Linud 17 Kujang (ketika itu Pak SBY masih berpangkat Kolonel) dan mobil yang dipakai pak SBY ketika penugasan di Timor Timor selama hampir 5 tahun." kicaunya dalam akun Twitter tersebut kemarin (3/12/2019).

Dari foto tersebut, terlihat salah satu mobil beratap terbuka ini sekilas mirip mobil tua, Jeep Wrangler CJ  tahun 1970-an.

Mobil dinas SBY saat masih menjadi tentara. (Twitter)
Mobil dinas SBY saat masih menjadi tentara. (Twitter)

Dikutip dari Automobile-Catalog, mobil tersebut mempunyai mesin berkapasitas 3801 cc dengan tenaga 74,5 kW plus torsi sebesar 251 Nm.

Selain Jeep Wrangler, ada satu lagi mobil dinas yang akan ikut dipajang di museum tersebut.

Mobil ini merupakan sebuah Isuzu Panther tahun 90-an, lengkap dengan warna hijau dan atribut militer khas milik kendaraan dinas TNI.

Terkait

Terkini