Kamis, 05 Agustus 2021

Kesan Test Drive New Honda Civic Hatchback, Performanya Keren

Bagian interior Honda Civic Hatchback RS terlihat sporty nan mewah.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
New Honda Civic Hatchback RS [Suara.com/Tivan Rahmat].
New Honda Civic Hatchback RS [Suara.com/Tivan Rahmat].

Mobimoto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini meluncurkan model terbaru New Honda Civic Hatchback. Mengusung emblem RS, Honda Civic Hatchback mendapat sentuhan yang lebih sporty pada sisi interior dan eksterior.

Suara.com- jaringan Mobimoto.com berkesempatan menguji mobil anyar ini dengan melintasi jalanan perkotaan dari Jakarta ke Serpong, Banten. Berikut adalah kesan kami:

Honda Civic Hatchback RS saat diuji di rute Jakarta - Serpong pada Februari 2020. [Antara /Chairul Rohman]
Honda Civic Hatchback RS saat diuji di rute Jakarta - Serpong pada Februari 2020. [Antara /Chairul Rohman]

Interior

Nuansa sporty nan mewah begitu kental di bagian interior dengan balutan kulit berpadu jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, dan tuas transmisi. Tidak hanya itu, desain sport juga begitu terasa berkat sentuhan krom pada bagian pedal gas dan rem.

Selain mewah, harus diakui kabin kemudi juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang sangat bermanfaat.

Layar sentuh 7 inci baru bagian sistem audio yang mendukung koneksi ponsel iOS maupun Android pada Honda Civic Hatchback RS. [Antara /Chairul Rohman]
Layar sentuh 7 inci baru bagian sistem audio yang mendukung koneksi ponsel iOS maupun Android pada Honda Civic Hatchback RS. [Antara /Chairul Rohman]

Sebut saja New Auto Dimming Rear View Mirror untuk menghindari pantulan cahaya berlebih sehingga mendukung visibilitas yang lebih baik dan layar sentuh 7 inci baru bagian sistem audio yang mendukung koneksi ponsel iOS maupun Android.

Tetapi, untuk awak Suara.com yang memiliki tinggi badan 170 cm dan bobot di atas 80 kg, duduk di bangku baris kedua terasa kurang nyaman, karena ruang yang tersedia tak cukup luas.

Selain itu, dengan harga nyaris Rp 500 juta, rasanya tak berlebihan jika New Honda Civic Hatchback dituntut untuk menyediakan ruang interior yang lebih kedap suara.

Eksterior

Tidak berbeda dengan sisi interior, tampilan eksterior New Honda Civic Hatchback RS juga tidak kalah sporty. Model terbaru mendapat penambahan aero kit pada bumper depan, bumper belakang dan Side Sill Garnish pada bagian samping.

Sedangkan bagian kaki-kaki, khususnya bagian velg juga mendapat sentuhan yang sedikit berbeda. Masih menggunakan ukuran 17 inchi tampil dengan desain Two-Tone untuk semakin memperkuat kesan sporty.

Honda Civic Hatchback RS saat diuji di rute Jakarta - Serpong pada Februari 2020. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Honda Civic Hatchback RS saat diuji di rute Jakarta - Serpong pada Februari 2020. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Sementara pada bagian belakang kini menampilkan New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher.

Emblem RS kini juga disematkan pada bagian depan dan bagian belakang Honda Civic Hatchback layaknya keluarga RS lainnya dari Honda.

New Honda Civic Hatchback RS tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl.

Performa Mesin Turbo

New Honda Civic Hatchback RS masih menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Secara performa, mobil menghasilkan tenaga yang begitu responsif. Selain itu deru mesin juga terdengar lebih halus.

Saat coba dipacu, turbo akan terasa pada rpm 2500 ke atas. Dari situ tenaga mobil terus bertambah dan menghantarkan letupan begitu responsif.

Kemudi New Honda Civic Hatchback RS terasa begitu menjanjikan dan membuat percaya diri saat mobil berada dalam kecepatan tinggi. Ditambah mobil terasa begitu stabil saat pedal gas diinjak lebih dalam.

Namun pada kecepatan 160 km/jam ban mobil mulai terasa agak limbung saat diajak bermanuver. Selain itu, tenaga yang dihantarkan juga tak maksimal untuk mencapai kecepatan lebih tinggi.

Harga

New Honda Civic Hatchback RS dijual dengan harga Rp 499.000.000,- (berdasarkan estimasi BBN 2020 Jakarta dan kepemilikan mobil pertama).

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini