Mobil

New Alphard dan New Vellfire Terima Sentuhan Baru yang Bikin Beda

Toyota New Alphard dan New Vellfire kini muncul dalam tampilan baru, apanya yang berbeda?

Angga Roni Priambodo

Toyota Vellfire. (Toyota Astra)
Toyota Vellfire. (Toyota Astra)

Mobimoto.com - Mengawali 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi sentuhan baru pada dua model premiumnya, yaitu Alphard dan Vellfire.

Alphard dan Vellfire pada 2019 berhasil membukukan penjualan wholesales 4.637 unit, kini dilengkapi fitur Toyota Safety Sense yang menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi semakin lengkap, seperti PCS, LDA, DRCC dan AHB. Sementara untuk kenyamanan lebih, keduanya kini didukung fitur entertainment dilengkapi layar lebih lebar.

Interior Toyota Vellfire yang dipasarkan di Indonesia (toyota.astra.co.id).
Interior Toyota Vellfire yang dipasarkan di Indonesia, dengan style interior sebelum facelift [toyota.astra.co.id].

"Faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang selalu menjadi perhatian utama sehingga Toyota secara terus-menerus melakukan improvement agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan, namun perlindungan keselamatan semakin optimal.

"Di awal tahun ini, kami memulainya dengan melakukan penyegaran pada Alphard dan Vellfire," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Dengan tersematnya fitur Pre-Collision System (PCS), pengguna New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar terintegrasi, yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan. Fitur PCS mampu secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Sementara itu, penggunaan fitur Lane Departure Alert (LDA) akan sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan karena secara otomatis fitur ini akan memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.

Penggunaan fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) akan membantu pengemudi memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Sementara itu, fitur Automatic High Beam (AHB) sangat membantu pengemudi dalam perjalanan di malam hari. Fitur ini akan mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh dan akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

New Alphard dan New Vellfire kini juga dilengkapi fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah. Fitur ini akan sangat membantu pengguna untuk mempertahankan kenyamanan kendaraan, termasuk mencegah dampak buruk yang mungkin terjadi pada ban dan velg jika tekanan ban rendah.

Selain itu, Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang semula hanya menggunakan 6 titik yaitu 2 di depan dan 4 di belakang menjadi delapan titik yaitu 4 di depan dan 4 di belakang. Fitur ICS juga akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang sempit.

"Berbagai improvement ini kami hadirkan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan lebih tinggi, sekaligus memberikan nilai Total Ownership Experience yang lebih menguntungkan kepada pelanggan New Alphard dan New Vellfire," kata Anton Jimmi Suwandy.

Alphard pertama kali secara resmi dipasarkan PT TAM di Indonesia pada 2008. Pada 2015, Toyota Vellfire dan Toyota Alphard HEV (Hybrid Electrified Vehicle) menambah jajaran line-up MPV Luxury ini.

Meski masuk di segmen yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter sangat berbeda. Alphard tampil dengan desain bernuansa mewah, anggun dan formal. Vellfire menonjolkan sisi modern, dan high tech dengan kesan berani dan sporty.

Hingga Januari 2020, Alphard telah mencetak total penjualan 25.421 unit. Bahkan pada 2019 Alphard membukukan market share 94,4 persen.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini