Sabtu, 04 April 2020

Efek Regulasi Emisi Gas Buang, Toyota Bakal Stop Produksi 7 Model Mobilnya

Toyota bakal melakukan pengurangan model karena kebijakan emisi gas buang yang diberlakukan di India

Angga Roni Priambodo | Gagah Radhitya Widiaseno
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Toyota Land Cruiser. (Toyota Astra)
Ilustrasi Toyota Land Cruiser. (Toyota Astra)

Mobimoto.com - Aturan mengenai emisi gas buang, membuat beberapa pabrikan harus menyiapkan strategi baru, salah satunya Toyota. Toyota siap untuk melakukan pengurangan model pada line-up mereka.

Seperti dilansir dari rushlane, ada sebanyak 7 model yang penjualannya akan distop lantaran tidak sesuai dengan aturan baru. Tetapi hal ini tidak dilakukan di Indonesia melainkan di India.

Tiga dari 7 model yang dihentikan penjualannya antara lain Land Cruiser, Pius dan Land Cruiser Prado. Sedangkan sisanya akan disetop produksinya, karena angka penjualan tidak sesuai harapan. Model yang dimaksud yakni Etios, Etios Cross, Altis, dan Platinum Etios.

Toyota India melihat, tidak ada gunanya memperbarui mesin mobil yang kurang laku di pasaran. Justru kalau dilanjutkan akan sia-sia.

Toyota Land Cruiser Heritage Edition. (Toyota)
Toyota Land Cruiser Heritage Edition. (Toyota)

Sebagai gantinya, mereka akan menghadirkan dua model baru. Uniknya, kedua mobil tersebut dibuat dan dijual juga oleh Suzuki, yakni Vitara Brezza serta Ertiga. Hal itu dimungkinkan, karena keduanya menjalin kerja sama di negara tersebut.

Mengenai aturan baru tentang emisi gas buang, regulasi mulai efektif berlaku per April 2020. Hal ini membuat produsen otomotif harus menyiapkan langkah jitu seperti memperbaharui mesin yang tidak sesuai dan bisa juga dilakukan stop produksi seperti yang dilakukan Toyota.

Menurut kalian, apakah hal ini perlu diberlakukan juga untuk di Indonesia? Mengingat polusi di Indonesia sudah cukup mengkhawatirkan

Terkait

Terkini