Selasa, 04 Agustus 2020

Bakal Seru Nih, Yamaha Kembangkan Mesin Listrik bagi Mobil dan Motor

Nantinya, mesin racikan Yamaha tak hanya paten di roda dua namun buat mobil pun bisa.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Mesin Yamaha untuk mobil sedang dalam tahap pengembangan (Yamaha global)
Mesin Yamaha untuk mobil sedang dalam tahap pengembangan (Yamaha global)

Mobimoto.com - Perusahaan otomotif asal Jepang, Yamaha selama ini dikenal sebagai penghasil produk-produk sepeda motor. Well, sekarang perusahaan berlogo garpu tala itu dikabarkan tengah mengembangkan mesin listrik yang bisa diterapkan untuk mobil.

Melansir Carscoops, Yamaha menciptakan motor listrik berkinerja tinggi dengan tenaga mencapai 200 kW atau 270 daya kuda (dk).

Pabrikan asal Jepang itu menunjukkan kekuatan mesinnya pada Alfa Romeo 4C yang dimodifikasi. Motor listrik kecil racikan Yamaha tampaknya cocok untuk mobil sport ringan yang membutuhkan akselerasi cepat dan nyaris tanpa suara.

Alfa Romeo 4C (Shutterstock)
Alfa Romeo 4C (Shutterstock)

"Yamaha akan menyesuaikan kebutuhan spesifik pelanggan individu dan menggunakan teknologi produksi yang fleksibel, bisa disesuaikan berbagai kelompok produk," demikian tulis Yamaha dalam keterangan resmi perusahaan.

Nantinya, Yamaha berharap untuk memperdalam pengetahuannya tentang kebutuhan pasar yang berkembang dengan menyesuaikan motor mereka bagi keperluan pelanggan individu.

Inisiatif ini juga disebut sebagai bagian dari strategi bisnis "Transforming Mobility" milik Yamaha Motor. Keterangannya sendiri diumumkan bersama visi jangka panjangnya hingga 2030 di bawah panji "Art for Human Posabilities" pada 11 Desember 2018.

Sebelumnya, Yamaha diketahui telah menguji paket motor listrik magnet sinkron permanen 270 daya kuda, yang dicangkok ke kompartemen mesin mobil karbon 4C Alfa-Romeo sportscar.

Perusahaan menyatakan mesin ini sangat ringan dan kompak, untuk tingkat daya yang dihasilkannya. Hal ini mampu dicapai berkat teknologi konduktor efisiensi tinggi dan teknologi casting terpadu yang canggih.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini