Selasa, 28 Januari 2020

Lebih Kencang dari Ferrari, Mobil Keluarga yang Uzur Ini Bikin Penasaran

Jarang-jarang mobil empat pintu bisa menang melawan mobil dua pintu...

Rauhanda Riyantama | Cesar Uji Tawakal
cloud_download Baca offline
Alpine B7 S Turbo. (silodrome.com)
Alpine B7 S Turbo. (silodrome.com)

Mobimoto.com - Selama ini, kebanyakan mobil keluarga yang telah beredar memang jauh dari kesan performa tinggi.

Namun belakangan ini, anggapan tersebut sedikit berubah dengan beredarnya mobil-mobil SUV seperti Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner bahkan mobil kelas elit seperti Lamborghini Urus.

Namun jauh sebelum itu, ternyata ada mobil keluarga dengan performa yang cukup beringas. Mobil apa itu?

Dilansir dari Silodrome, pada tahun 1981, sebuah mobil keluarga sukses mencuri perhatian lantaran performanya yang cukup ekstrem.

Tak sekadar ngebut, mobil ini diklaim mampu melebihi performa mobil Ferrari.

Mobil tersebut adalah Alpina B7 S Turbo. Mobil tersebut diklaim mampu mengungguli Ferrari 308 GTB yang pada saat itu tergolong berperforma gahar.

Alpine B7 S Turbo. (silodrome.com)
Alpine B7 S Turbo. (silodrome.com)

 

Alpina merupakan bagian dari perusahaan mobil asal Jerman, BMW yang dulunya digagas oleh Burkard Bovensiepen pada tahun 1965.

B7 S Turbo hanya dibuat sebanyak 60 unit, membuat mereka masuk ke golongan mobil keluarga dengan empat pintu yang berperfoma gahar sekaligus eksklusif.

Mobil ini mampu melesat pada kecepatan 261 km/jam, melebihi kecepatan Ferrari 308 GTB yang mampu melesat dengan kecepatan sekitar 252 km/jam.

Mobil ini mengambil basis mesin dari BMW 528i yang telah dimodifikasi hingga memiliki dapur pacu 3,5 liter dengan enam piston inline. Mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 330 bhp dan juga torsi sebesar 500 Nm.

Terkait

Terkini