Sabtu, 25 Januari 2020

Minat Terhadap Mobil Bekas MPV Ternyata Masih Tinggi

Mobil tipe MPV memang serba guna sih.

Angga Roni Priambodo
cloud_download Baca offline
Deretan Mobil Bekas yang Siap Diboyong, Terparkir Rapi di Depan TVRI Stasiun D.I. Yogyakarta. (mobimoto.com/Praba Mustika)
Deretan Mobil Bekas yang Siap Diboyong, Terparkir Rapi di Depan TVRI Stasiun D.I. Yogyakarta. (mobimoto.com/Praba Mustika)

Mobimoto.com - Peminat mobil bekas alias mobkas di Indonesia terus bertambah, seiring dengan meluasnya ragam jenis dan brand mobil. Meski demikian, brand Jepang masih mendominasi permintaan mobil bekas di Indonesia.

Berdasarkan data yang dipaparkan OLX OtoBarometer Oktober 2019, disebutkan bahwa Toyota Avanza adalah mobil paling diminati selama Oktober 2019.

Posisi kedua hingga kelima untuk mobil paling diminati didominasi oleh kategori Multi-Purpose Vehicle atau MPV, yaitu Toyota Innova, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, serta Honda Brio.

Head of Automotive OLX Indonesia, Ivo Wassenaar mengatakan bahwa dari data sepanjang Oktober 2019 tampak terjadi peningkatan jumlah pengguna yang mencari mobil melalui platform OLX.

"Data kami menunjukkan adanya peningkatan sebesar 33 persen dari tahun sebelumnya untuk jumlah pencari mobil di Oktober 2019, atau mencapai 490.672 orang pada Oktober 2019. Sebagian besar pengguna menggunakan ponsel untuk mencari mobil yang diinginkan. Menariknya, banyak mobil lawas yang masih menjadi incaran konsumen di Indonesia,” ujar Ivo Wassenaar, dalam keterangannya.

Selain itu, OLX OtoBarometer Oktober 2019 menyebutkan ada beberapa jenis mobil dengan usia lebih dari 10 tahun yang masih diminati meski hanya sedikit listing yang tersedia.

"Pesona mobil lawas nampaknya masih memikat para peminat mobil, baik untuk hobi seperti modifikasi atau karena mobil lawas dianggap value for money dengan harga bersahabat untuk teknologi yang mumpuni,” tambah Ivo Wassenaar.

Khusus untuk sektor mobil lawas, produk-produk seperti Ford Escape, Peugeot 206, KIA Carnival, Suzuki Amenity, serta Daihatsu Charade secara berurutan termasuk hot items. Yaitu kelimanya tergolong langka di listing OLX. Meski begitu, termasuk masih paling dicari, dengan listing yang terbatas.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini