Sabtu, 08 Agustus 2020

Banyak Keluhan Pengemudi Mobil di Jalan Tol, Bukti E-Toll Belum Efektif?

E-Toll masih menyulitkan pengemudi mobil?

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
E-Toll. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)
E-Toll. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)

Mobimoto.com - Pada awalya, E-Toll atau sistem pembayaran elektronik di jalan tol sempat merepotkan karena cukup membingungkan beberapa pengguna jalan tol. Perlahan, permasalahan di awal pun hilang, namun bukan berarti tanpa keluhan. Karena nyatanya masih cukup banyak keluhan pengemudi mobil di jalan tol, terutama terkait dengan sistem pembayaran non tunai.

Belakangan beredar sebuah meme yang menampilkan foto kolase sistem pembayaran di jalan tol. Meme tersebut seolah memperlihatkan timeline pembayaran di jalan tol.

Seperti meme yang diunggah @romansasopirtruck di jejaring Instagram. Pada foto paling atas ada foto petugas loket pintu tol dengan tulisan "Dulu bayar tol pakai uang cash,"

Di bawahnya ada gambar pintu tol setelah diberlakukan sistem E-Toll. Nah, pada foto ketiga inilah permasalahan yang ternyata kerap dialami pengemudi di jalan tol.

"Mau isi di gate sering offline... Giiran gitu disuruh top-up di minimarket, juga offline,"

Meme E-Toll. (Instagram/romansasopirtruck)
Meme E-Toll. (Instagram/romansasopirtruck)

Ya, bagi pengemudi mobil yang hendak lewat tol memang wajib membawa uang elektronik. Tak hanya itu, pastikan juga saldonya masih cukup dan jika tidak maka harus melakukan top-up terlebih dahulu.

Namun persoalan top-up inilah yang kemudian jadi masalah sendiri di beberapa pengguna jalan tol. Karena tak semua pengemudi mobil yang akan lewat jalan tol sudah memastikan sisa saldo di uang elektroniknya.

Seperti kejadian tak mengenakkan yang dialami @iqbal_taqi "Saran aja, untuk top up dini hari diusahakan bisa. Kapan hari pernah terjebak di tol, nggak bisa keluar nunggu dari jam 2 sampai jam 5 pgi. Mau isi tol ATM lagi habis,"

"Saya pernah min dari Sukabumi sampai Karawang Timur, kirim barang ke GRC lewat jalan tikus cuma karena top up E-Toll di  minimarket eror semua sepanjang jalan," keluh @nurdiansyah_dian.

Sementara warganet bernama @bagaskoro33 memberi saran "Saran aja untuk yang mau top-up di minimarket, jangan lewat dari jam 9 malam. Soalnya pasti offline, dan baru bisalagi jam 1 malam,"

Warganet pengguna jalan tol lain pun banyak yang menganggap sistem E-Toll serta alat penunjangnya seperti kemudahan top-up uang elektronik belum siap seutuhnya dan malah kemudian merepotkan pengguna jalan.

Terkait

Terkini