Jum'at, 06 Desember 2019

Cara Taksol Wanita di Palembang Ubah Interior Mobilnya Agar Aman dari Begal

Emak-emak yang berprofesi sebagai sopir taksol ubah interior mobilnya untuk mencegah begal.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Ilustrasi taksi online. (HiTekno)
Ilustrasi taksi online. (HiTekno)

Mobimoto.com - Profesi driver taksi online memang berisiko jadi sasaran tindak kriminal begal. Untuk mengantisipasi hal tersebut, seorang driver taksol wanita di Palembang, Sumatera Selatan pun mengubah interior mobilnya jadi seperti ini.

Warganet bernama @FrankyPaulus86 mengunggah cuplikan video di jejaring Twitter, ketika ia menumpangi taksi online.

Uniknya, di dalam mobil taksi online itu terdapat terali yang berguna melindungi si pengemudi taksi online.

"Sungguh menginspirasi, sebagai seorang perempuan, Ibu ini sungguh kuat mengambil peran sebagai kepala keluarga. Bekerja sebagai driver Gocar tentunya rawan akan bahaya begal. Maka dari itu ibu ini membuat kerangkeng dari besi untuk mencegah begal beraksi lebih jauh!" cuit @FrankyPaulus86.

Sementara pada video yang diunggah di saluran YouTube, emak-emak driver taksol bernama Valeri itu menjelaskan kenapa ia menggunakan terali di dalam mobilnya.

Sopir Taksol Wanita Tambahkan Terali di Dalam Mobil Untuk Mencegah Begal. (Twitter/FrankyPaulus86)
Driver Taksol Wanita Tambahkan Terali di Dalam Mobil Untuk Mencegah Begal. (Twitter/FrankyPaulus86)

"Ya karena tahun 2018 itu kan udah lima kali kejadian, driver (taksol) dibunuh. Ada yang dirampok dan dibunuh, jadi terinspirasi dari itu, karena rasa takut ibu itu berlebihan," katanya.

"Jadi Aku datangi lah bengkel-bengkel las itu, diskusi sama itu (tukang las) bisa nggak mas, bikin ini (terali di dalam mobil) bentuknya khusus untuk aku bikin. Kalau perlu bikin kaki-kaki. Kalau bisa ya tolong buatkan,"

Untuk membuat terali di dalam untuk mencegah tindakan begal, emak-emak driver taksol itu mengaku menghabiskan dana Rp 700 ribu.

"Ini juga belum selesai, karena masih mau dilapisi kaca akrilik. Banyak sih, orang ngomong ini ditambahi besi lagi. Tapi kok tegas banget besi semua, jadi kupikir (pakai) kaca akrilik, jadi nggak pecah paling cuma retak," jelasnya.

Meski menggunakan terali yang memisahkan pengemudi dan penumpang di depan dan belakang, tapi Franky Paulus mengaku tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

"Nah ini pembatasnya pas, nih. Yang duduk juga masih nyaman, Saya juga masih nyaman," kata Franky Paulus.

Ubahan interior mobil taksol demi mencegah tindakan begal itu pun menuai beragam komentar warganet.

"Agak awkward ya kalau dilihat. Serasa di dalam mobil polisi. Tapi ya gimana daripada kenapa-napa, lebih baik mencegah. Semoga si ibu diumdahkan rezekinya, dilancarkan pekerjaannya dan selamat sampai tujuan," sahut @IhsanRizki_48.

"Kejahatan terhadap pengemudi mobil, baik taksi biasa maupun tasi online sering terjadi. Sebuah upaya perlindungan diri yang efektif seperti yang dilakukan si ibu ini patut dicontoh." Kata @asnung_id.

Terkait

Terkini