Mobil

Pasang Busi Racing di Mobil Hasilnya Nggak Signifikan, Begini Penjelasannya

Busi racing tak serta-merta mendongkrak performa.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Busi pada kendaraan. (motorsport.com)
Busi pada kendaraan. (motorsport.com)

Mobimoto.com - Busi merupakan salah satu komponen pada mesin yang berfungsi untuk memantik api pada saat mesin melakukan kompresi pembakaran.

Tak heran jika ada orang yang mengutak-atik bagian ini untuk mendongkrak performa kendaraan, salah satunya dengan mengganti busi standar dengan busi racing.

Namun penggunaan busi racing rupanya malah disebut tidak menghasilkan kenaikan performa yang signifikan.

Dilansir dari situs resmi Suzuki, penggunaan busi racing tidak serta-merta mendongkrak performa jika tidak diikuti penggantian bagian lain.

Ilustrasi busi mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi busi mobil. [Shutterstock]

Hal ini disebabkan karena busi racing bisa berfungsi optimal jika digunakan pada mesin berkompresi tinggi, seperti yang terdapat pada kendaraan-kendaraan yang dimodifikasi untuk kompetisi.

Selain itu, jika busi racing digunakan pada mesin mobil standar maka hasinya tidak maksimal. Ditambah lagi, mesin berpotensi bakal mengalami misfiring dan juga munculnya deposit karbon.

Terlebih lagi, jika anda berniat untuk mendongkrak performa mesin mobil, pastikan anda sudah berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen pada mesin mobil.

Berita Terkait

Berita Terkini