Selasa, 19 November 2019

Gantikan Lingkar Kemudi, Ferrari Kembangkan Kontrol dari Alat Ini

Pabrikan asal Italia itu mencoba teknologi yang sedikit nyeleneh.

Angga Roni Priambodo
Ferrari 458 Italia Baru Milik Kevin Aprilio. (Instagram/kevinaprilio)
Ferrari 458 Italia Baru Milik Kevin Aprilio. (Instagram/kevinaprilio)

Mobimoto.com - Produsen otomotif asal Italia, Ferrari berinovasi nyeleneh pada lingkar kemudi. Biasanya kemudi berbentuk bulat, perusahaan berlogo kuda jingkrak ini berusaha membuatnya lebih sederhana.

Sebagaimana lansiran laman Carbuzz, Ferrari telah membeberkan inovasinya dalam urusan lingkar kemudi. Menurut perusahaan, lingkar kemudi dapat digantikan dengan perangkat joystick.

Namun, penggunaan joystick mungkin hanya dikhususkan pada mobil sport. Hal ini agar kabin terlihat lebih luas dan terbuka.

Nantinya, posisi joystick akan terpasang di sisi kanan bangku pengemudi. Perangkat akan didukung dengan sistem pengaturan untuk melakukan gerakan maju, mundur, akselerasi serta pengereman.

Jika benar Ferrari akan menerapkan joystick terhadap produk mereka, pengguna tentu harus beradapatasi kembali untuk mengendarai mobil mereka. Pasalnya, mobil tanpa lingkar kemudi bisa dibilang hampir tidak ada dalam berapa puluh tahun terakhir.

Ilustrasi joystick. [Shutterstock]

Sistem gearbox akan menggunakan sistem otomatis untuk memudahkan pengemudi saat berkendara.

Tapi perlu diingat, tidak semua konsumen senang mengendarai mobil sport dengan sistem otomatis.

Terakhir, inovasi yang dilakukan Ferrari masih butuh evaluasi lebih lanjut. Pasalnya, lingkar kemudi sendiri sudah banyak memberikan kemudahan pada pengemudi sama halnya dengan pedal gas dan rem.

Terkait

Terkini