Selasa, 19 November 2019

Polemik Tambal Ban Tubeless Tanpa Mencopot Roda, Bikin Roda Tak Simetris?

Saat darurat, ban tubeless bisa ditambal tanpa perlu melepas roda.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Semir Ban Mobil Kamu Untuk Melindungi Dari Kerusakan. (pexels)
Semir Ban Mobil Kamu Untuk Melindungi Dari Kerusakan. (pexels)

Mobimoto.com - Keistimewaan jenis ban tubeless adalah tidak menggunakan ban dalam, bebas perawatan dan bisa tetap digunakan sampai jarak tertentu meski ban bocor. Pun begitu, muncul polemik yang menyebutkan kalau saat akan menambal ban tubeless yang bocor harus dilepas dulu rodanya.

Sebagai informasi, ban tubeless memang bisa ditambal dari luar atau juga dari dalam. Untuk metode yang kedua sering dinamakan tambal ban tip top.

Melalui jejaring Facebook warganet bernama Francesco mengunggah foto ban mobil jenis tubeless yang mengalami bocor halus.

"Seringkali kita melihat banyak yang melakukan tambal ban tubeless tanpa melepas roda dari kendaraan, terutama tambal ban di SPBU. Sah-sah aja, mau dilepas atau tidak itu hak yang menambal," katanya.

Ia melanjutkan "Tapi kalau posisi roda tidak dilepas maka akan timbul pertanyaan 'apakah arah patch rubber yang dimasukan simetris atau tidak?'"

Tambal Ban Tubeless. (Facebook)
Tambal Ban Tubeless. (Facebook)

Menurutnya menambal ban tubeless tanpa melepas roda adalah demi efisiensi waktu dan kemudahan pengerjaan. Namun ia memberikan catatan bahwa jika menambal ban tubeless sebaiknya roda dilepas dari kendaraan.

Francesco meyakini bahwa melepas roda saat menambal ban tubeless akan memengaruhi hasil tambalan itu sendiri.

Tapi bagi sebagian warganet ada yang menganggap melepas roda kurang efisien, toh masih ada yang hasil tambalannya awet hingga sekarang.

"Ah itu apes aja sih. Wong Saya tambal ban tubeless tanpa dibuka rodanya juga aman aja sampe sekarang..." kata Mat.

"Saya sih biasa nambal ban di pom bensin. Tanpa melepas ban dan udah hampir setahunan ini nggak ada masalah," papar Aji.

Namun ada juga yang menganggap melepas roda saat akan menambal, baik dengan metode tusuk atau tip top, akan memberikan hasil yang lebih baik.

"Tambal tip top lebih tahan dan aman. Kalau model tusuk dari luar gampang bocor lagi. Pengalaman pribadi sih, gitu," ujar Oedjenk.

Terkait

Terkini