Mobil

Mengenang Maleo, Mobil Buatan BJ Habibie yang Hebohkan Mancanegara

Batal diproduksinya mobil tersebut membawa imbas besar di dunia otomotif.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

BJ Habibie. (suara.com)
BJ Habibie. (suara.com)

Mobimoto.com - Jauh sebelum munculnya mobil Esemka yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu, Indonesia telah lama menggagas adanya mobil nasional.

Salah satu pencetus ide mobil nasional adalah Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie.

Mobil ini berpotensi menjadi mobil pertama karya anak bangsa, namun sayangya proyek pengembangan mobil ini dihentikan lantaran presiden saat itu, Soeharto lebih memilih memproduksi mobil Timor sebagai mobil nasional. Mengusung nama Maleo, mobil rancangan BJ Habibie ini berjenis sedan.

Berdasarkan keterangan berbagai sumber, mobil ini dirancang tahun 1996, dan diprediksi bakal memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi serta banderol tidak mahal.

Konon mobil tersebut dipatok harga jualnya agar tidak melebihi Rp 30 juta, agar mobil tersebut sangat terjangkau bagi masyarakat.

Mobil rancangan BJ Habibie yang bernama Maleo. (mobilmotorlama.com)
Mobil rancangan BJ Habibie yang bernama Maleo. (mobilmotorlama.com)

Mobil tersebut mengusung kapasitas mesin 1200cc yang dikembangkan dengan perusahaan Australia. Yang spesial dari mobil ini adalah mesin mobil tersebut yang menggunakan teknologi mesin dua tak dengan sistem pengabut bahan bakar injeksi.

Hal tersebut tentu membuat mobil ini mempunyai performa yang sangat bisa diandalkan namun dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Selain itu, mobil ini direncanakan mempunyai tingkat kandungan lokal di atas 80%. Dikutip dari Birminghamlive, mobil ini diprediksi bakal booming mengingat banyaknya penduduk di Tanah Air.

Karena hal tersebut, salah satu produsen mobil asal Inggris MG Rover tertarik bekerja sama terkait pengembangan mobil tersebut.

Namun karena pengembangan mobil tersebut batal, mereka kehilangan salah satu 'kartu as', membuat mereka menjadi bangkrut pada tahun 2005.

Saat ini, pabrik MG Rover di Longbridge , Birmingham, Inggris masih berdiri dan terbengkalai.

 

Berita Terkait

Berita Terkini