Mobil

Gubernur Jawa Tengah Siap Gunakan Esemka sebagai Mobi Dinas

Ganjar Pranowo akan mendorong seluruh pejabat di Jawa Tengah untuk menggunakan Esemka.

Angga Roni Priambodo

Mobil SUV dengan Emblem (Logo) Esemka. (Facebook/Kurniawan Bayu)
Mobil SUV dengan Emblem (Logo) Esemka. (Facebook/Kurniawan Bayu)

Mobimoto.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap memakai kendaraan yang diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mobil dinas sebagai wujud dukungan terhadap karya anak bangsa.

"Saya melihat, ada mobil niaga yang sudah jadi. Tentu ini langkah positif yang akan terus kita dorong. Saya sih tidak sabar menunggu produk terbaru yang non-niaga, seperti SUV dan produk lain. Saya pengin cepat beli dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa," kata Ganjar saat dihubungi Antara Jumat petang (6/9/2019).

Jika pabrik kendaraan yang terletak di Kabupaten Boyolali itu sudah memroduksi mobil penumpang, Ganjar menegaskan akan menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya dan akan mendorong seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Jateng serta pemerintah di 35 kabupaten/kota untuk melakukan hal yang sama.

"Tidak hanya di Jateng, daerah lain hingga kementerian juga akan saya dorong menggunakan mobil Esemka agar bisa dipakai untuk kepentingan nasional," ujarnya.

Sambil menunggu mobil penumpang diproduksi, Ganjar menilai mobil niaga yang sudah diproduksi PT Esemka njuga harus didorong untuk membantu program pemberdayaan petani, nelayan, dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

PT Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (Istimewa)
PT Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. (Istimewa)

"Kami akan mulai dengan menjadikan mobil niaga Esemka ini untuk kepentingan bantuan kita kepada kelompok tani, nelayan dan pelaku UKM. Langkah-langkah ini penting dilakukan sebagai upaya menjadikan Esemka sebagai mobil nasional," katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu secara khusus mengapresiasi peresmian pabrik mobil Esemka oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini.

"Akhirnya mimpi panjang hari ini bisa diwujudkan, apapun bentuknya, dari mana pun mulainya, akhirnya mobil Esemka bisa terwujud," ujar Ganjar yang tidak menemani Jokowi saat meresmikan pabrik Esemka di Boyolali.

Suara.com/Liberty Jemadu.

Berita Terkait

Berita Terkini