Minggu, 20 Oktober 2019

Terkenal Rawan, Inilah 5 Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Tol Cipularang terkenal rawan kecelakaan.

Dany Garjito | Praba Mustika
Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92. (Instagram/cianjurtoday)
Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92. (Instagram/cianjurtoday)

Mobimoto.com - Tabrakan beruntun yang terjadi di Tol Cipularang pada Senin (2/9/2019) siang melibatkan 21 mobil dan menyebabkan sembilan orang meniggal dunia dan delapan orang mengalami luka. Tol Cipularang memang terkenal rawan kecelakaan. Setidaknya ada lima kecelakaan maut yang pernah terjadi di Tol Cipularang.

Dirangkum dari berbagai sumber, Tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta-Bandung dan mempersingkat waktu tempuh memang dikenal memiliki kontur jalan yang menurun, menanjak dan berkelok.

Kontur jalan yang sedemikian rupa ditambah dengan kelalaian pengemudi, yang memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Kecelakaan Maut Isuzu Elf, 6 Orang Tewas

Pada tahun 2011 sebuah mobil travel Isuzu Elf mengalami kecelakaan di Tol Cipularang KM 93 pada Rabu (7/9/2011). Disebutkan kecelakaan disebabkan sopir yang hilang kendali, menabrak truk dan menyebabkan enam orang tewas.

Kecelakaan Pedangdut Saipul Jamil

Masih di tahun 2011, pedangdut Saipul Jamil juga pernah mengalami kecelakaan di Tol Cipularang yang menyebabkan sang istri, Virginia Anggraeni (Egi) meninggal dunia.

Dikabarkan mobil yang dikemudikan sendiri oleh Saipul Jamil melaju kencang dan tergulind di Tol Cipularang KM 79. Mobil berakhir dengan menabrak beton pembatas jalan tol.

Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang KM 92. (Twitter/RadioElshinta)
Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang KM 92. (Twitter/RadioElshinta)

Bus Oleng di Tol Cipularang KM 100

Pada tahun 2012 sebuah bus mengalami kecelakaan maut di Tol Cipularang KM 100. Insiden yang terjadi pada Sabtu (22/12/2012) ini ditengarai karena bus oleng saat hendak pindah ke lajur lambat.

Melaju dalam kecepatan tinggi, bus yang mengangkut warga Purbalingga, yang akan menuju Masjid Kubah Emas, Depok ini menabrak truk tronton dan menyebabkan tujuh orang meninggal dunia.

Kecelakaan Beruntun Tahun 2017

Pada Kamis (18/5/2017) kecelakaan beruntun juga terjadi di Tol Cipularang KM 91 yang menyebabkan 10 orang meninggal dunia.

Kecelakaan terjadi di KM 91 arah Bandung menuju Jakarta, diawali truk trailer yang hilang kendali dan menabrak mobil Daihatsu Luxio, yang juga melibatkan minibus Mazda dan mobil Isuzu Panther.

21 Mobil Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Teranyar kecelakaan tabrakan beruntun terjadi di Tol Cipularang KM 92 pada Senin (2/9/2019) siang.

21 Mobil terlibat kecelakaan yang menyebabkan sembilan orang meninggal dunia dan delapan orang mengalami luka-luka.

Kapolda Jabar Irjen. Pol. Rudy Sufahriadi menduga truk (dump truck) terguling menjadi penyebab terjadinya tabrakan beruntun tersebut.

Terkait

Terkini