Rabu, 11 Desember 2019

Kecanggihan Calon Mobil Baru Presiden Jokowi, Bikin Berdecak Kagum

Mercedes-Benz S600 Guard resmi dipilih sebagai mobil resmi Kepresidenan

Angga Roni Priambodo
Joko Widodo dan Iriana. (suara.com)
Joko Widodo dan Iriana. (suara.com)

Mobimoto.com - Mercedes-Benz S600 Guard resmi dipilih sebagai mobil resmi Kepresidenan periode 2019-2024. Sebagai kendaraan orang nomor satu di Indonesia, sudah pasti mobil ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki mobil biasa.

Untuk sektor keamanan misalnya, mobil ini mengusung fitur anti peluru. Dimana fitur ini sepertinya sudah menjadi standarisasi mobil dari seorang kepala negara.

Lebih dari sekedar fitur keamanan dan keselamatan, seperti dikutip dari Daimler, bagian kabin mobil ini sudah dilengkapi balistik jenis level tertinggi.

Sementara antara struktur bodi dan kulit terluar S600 Guard terdapat sebuah celah yang berfungsi sebagai perisai.

Pada beberapa bagian tertentu, mobil ini sudah dilapis pelat berbahan baja yang dipasang sebagai pelapis. Hal ini dilakukan untuk memastikan peluru tidak bisa menembus bagian dalam mobil ketika terjadi tembakan.

Perlindungan yang lebih maksimal juga diaplikasikan pada bagian jendela mobil. Untuk bagian dalam jendela, telah dilapisi dengan bahan polycarbonate untuk menjaga agar pecahan kaca tidak mengenai penumpang. Tak lupa juga untuk bagian bawah mobil yang berlapis pelindung tahan ledakan.

Selain perlindungan ekstra, mobil ini juga menjanjikan kenyamanan bagi penggunanya. Seperti ditulis Carandriver, jok S600 Guard sudah sepenuhnya berlapis kulit.

Selain itu, tersedia juga kursi pijat untuk releksasi sepanjang perjalanan. Ada pula fitur pengeras suara eksternal yang memungkinkan pengguna untuk meminta orang berhenti dari dalam mobil.

Tenaganya sendiri disokong mesin berkapasitas 6,0 liter V12 Biturbo. Memiliki tenaga 537 Tk dan torsi 830 Nm dengan penggerak belakang. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 7-percepatan dan memiliki kapasitas tangki 80 liter.

Segala fitur keamanan yang dibawa Maybach S600 Guard ini memang sangat mumpuni. Oleh karena itu tidak heran bila banderol mobil ini tidak murah.

Untuk mendapatkan sebuah unit mobil racikan Jerman ini, calon konsumen harus merogoh kocek hingga 438 ribu poundsterling atau sekitar Rp 8,2 miliar.

Sebelumnya, Kariyanto Hardjosoemarto selaku Deputy Sales Operation Passenger Cars and Product Management PT Mercedes Benz Distribution Indonesia menyampaikan bila S600 Guard bisa dipesan secara umum. Lebih tepatnya bahwa masyarakat umum yang memenuhi syarat khusus.

"Kami melihat pelanggannya siapa dan ada proses khusus untuk meng-handle pelanggan seperti pembeli S600 Guard. Karena enggak semua orang bisa memesan mobil seperti S600 Guard," terang Kariyanto.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Terkait

Terkini