Minggu, 20 Oktober 2019

Teknologi Asisten Digital WIND di Almaz Jadi Candaan, Ini Respons Wuling

Wuling Almaz sudah dibekali teknologi asisten digital WIND.

Angga Roni Priambodo
Wuling Almaz. (Suara.com/Manuel Jeghesta Naiggolan)
Wuling Almaz. (Suara.com/Manuel Jeghesta Naiggolan)

Mobimoto.com - Produsen mobil asal China, Wuling, baru-baru ini membuat gebrakan dengan meluncurkan teknologi asisten digital yang dinamakan WIND (Wuling Indonesia Command) pada SUV terbaru mereka, Wuling Almaz.

Namun baru-baru ini fitur tersebut ramai jadi perbincangan akibat salah satu unggahan video di akun Facebook. Disebutkan fitur WIND error karena salah mengikuti perintah suara.

Menanggapi hal tersebut, Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan video tersebut sebenarnya hanya bercanda dan bisa diatur.

"Itu sebenarnya bukan error, itu mainan saja. Pengaturannya itu sebenernya ada di smartphone. Nama kontaknya itu yang sebenarnya di aneh-anehin," ujar Danang saat berbincang dengan Suara.com, Rabu (24/7/2019).

Karena memang, tambah Danang, penamaan dari nama kontak smartphone sudah diatur sedemikian rupa. Dengan begitu fitur WIND membaca berdasarkan urutan kontak.

Jadi semisal di kontak kita kasih nama istri pertama atau istri kedua itu akan berurutan berdasarkan alphabet.

"Kata kedua itu lebih di awal dari pertama. Jadi di WIND itu bisa membaca baris berapa yang diperintahkan," terang Danang.

Sebelumnya dalam sebuah video di YouTube, terdengar suara seorang pria yang memberikan perintah untuk menelepon kepada WIND.

Hanya saja bukannya menelepon nomor yang dimaksud, WIND justru menghubungi sang istri kedua sehingga membuat orang yang berada di dalam mobil langsung panik. Video kocak tersebut kontan viral di media sosial Tanah Air.

Suara.com/Liberty Jemadu.

Terkait

Terkini