Sabtu, 19 Oktober 2019

Ternyata Begini Lho, Awal Ditemukannya Istilah Daya Kuda

Istilah ini cukup akrab di telinga pecinta otomotif.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Kuda yang menggerakkan mesin. (silodrome.com)
Kuda yang menggerakkan mesin. (silodrome.com)

Mobimoto.com - Dalam dunia otomotif, salah satu istilah yang sering didengar ialah satuan daya kuda atau lebih dikenal dengan horse power (HP).

Istilah tersebut merupakan satuan pengukuran daya yang mampu dihasilkan, sebagai patokan untuk mengukur seberapa "perkasa" sebuah mesin kendaraan.

Namun tak asal dipakai, ternyata ada cerita rumit dibalik ditemukannya istilah tersebut. Istilah ini eksis karena adanya buah penelitian dari seorang ilmuwan ternama asal Skotlandia.

Dilansir dari Silodrome, kita harus kembali ke tahun 1937 di mana seorang ilmuwan terkenal bernama James Watt sedang melakukan penelitian. Pada penelitian tersebut ia mengamati kerja seekor kuda yang tengah menggerakkan mesin.

 

Pada saat itu ia mengamati bahwa rata rata kuda bisa menggerakkan beban seberat 249,47 kg (550 lbs) dengan jarak 30,48 cm (1 kaki) dalam waktu satu detik. Bekerja terus terusan selama satu jam, kuda tersebut mampu menggerakkan beban yang jika ditotal sekitar 14.968,658 kg (33.000 lbs) dengan jarak satu kaki.

Dari situlah tercipta istilah satu daya kuda. Sementara itu, satu kilowatt sekitar 1,34 daya kuda, dan istilah daya kuda digunakan oleh negara dengan satuan imperial, Amerika Serikat dan Inggris misalnya.

Terkait

Terkini