Mobil

Suhu Ekstrem di Dieng Bikin Banyak Mobil Mogok, Solar Membeku

Sejak beberapa hari belakangan ini, suhu udara di Dieng, Jawa Tengah memang luar biasa dingin.

Angga Roni Priambodo

Mobil bermesin diesel menyemburkan asap tebal. (eveningstandard.com)
Mobil bermesin diesel menyemburkan asap tebal. (eveningstandard.com)

Mobimoto.com - Suhu udara daerah pegunungan seperti di Dieng yang masuk dalam wilayah perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah memang berbeda dengan cuaca di dataran rendah.

Dihari-hari biasa, suhu udara di Dieng sudah lumayan bikin menggigil. Namun itu belum seberapa dibandingkan ketika cuaca ekstrem menyerang.

Di saat-saat tertentu, suhu ekstrem super dingin hingga berada di bawah titik beku nol derajat celius sering kali terjadi, seperti yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

Dari pantauan Suara.com di akun media sosial yang mengunggah foto tentang membekunya Dieng, suhu di sana mencapai minus dua derajat celcius.

Suhu ekstrem di Dieng (Instagram/trisaktidieng_crew16)
Suhu ekstrem di Dieng (Instagram/trisaktidieng_crew16)

Akibat suhu dingin ekstrem itu pula, dilaporkan banyak kendaraan wisatawan khususnya yang berbahan bakar solar mogok mendadak. 

Adalah fenomena Bun Upas atau membekunya embun yang terjadi sampai berkali-kali di dataran tinggi Dieng yang disinyalir menjadi penyebab membekunya solar di tangki penyimpanan bahan bakar kendaraan.

Banyak wisatawan yang baru pertama kali datang ke dataran tinggi Dieng, bahkan merasakan kepanikan karena bahan bakar kendaraannya membeku.

Berita Terkait

Berita Terkini