Mobil

Bule Ini Sebut Kijang Kapsul Mobil Terbaik Se-Asia Tenggara

Seorang bule menilai Kijang Kapsul Kirsta sebagai mobil terbaik se-Asia Tenggara, apa alasannya?

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Kijang Krista. (YouTube/BritishBiker Philippines)
Kijang Krista. (YouTube/BritishBiker Philippines)

Mobimoto.com - Toyota Kijang merupakan mobil sangat legendaris yang diproduksi dari 1977. Hingga kini, sudah enam generasi Toyota memproduksi lini mobil Kijang. Tak hanya di Indonesia, ternyata generasi keempat Kijang, yang juga disebut sebagai Kijang Kapsul diapresiasi oleh seorang bule. Bahkan menyebut Kijang Kapsul sebagai mobil terbaik se-Asia Tenggara.

Pujian setinggi langit itu, disampaikan oleh seorang bule, ekspatriat Inggris yang kini tinggal di Filipina. Melalui saluran YouTube miliknya, BritishBiker Philippines mengunggah videonya yang mengulas Toyota Kijang generasi Ke-4, yang di Filipina bernama Toyota Tamaraw FX Revo.

Seperti diketahui bersama, di Indonesia, Kijang generasi ke-4 mendapat julukan Kijang Kapsul bentuknya yang lebih membulat, dibandingkan dengan Toyota Kijang generasi ke-3.

Salah satu varian dari Kijang Kapsul adalah Kijang Krista yang memiliki sasis panjang (LGX) dengan ciri khas warna bodi two tone, serta bagian interior yang lebih mewah.

Lewat video berdurasi 27 menit itu, bule tersebut sudah memuji Kijang Krista dari judul videonya, yakni A Car From Toyota's Golden Age yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Sebuah Mobil dari Era Keemasan Toyota'.

"Hari ini Aku akan merayakan mobil tua ini. Sebuah Toyota Tamaraw FX Revo lansiran tahun 1999, 1.8 liter, GLX," katanya membuka video yang diunggah pada Senin (27/5/2019).

Kijang Kapsul. (YouTube/BritishBiker Philippines)
Kijang Kapsul. (YouTube/BritishBiker Philippines)

Toyota Kijang yang lahir sebagai sebuah mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) disebutnya sebagai mobil AUV (Asian Utility Vehicle) yang merupakan plesetan dari SUV (Sport Utility Vehicle).

"Kisah ini dimulai lebih dari 40 tahun yang lalu. Toyota Indonesia mengemangkan mobil yang kemudian jadi fenomena di seluruh Asia Tenggara... Kami menyebutnya sebagai mobil AUV. Mungkin semua orang tahu apa itu SUV, tapi ini adalah AUV (Asian Utility Vehicle)," Ia melanjutkan.

Kijang Kapsul. (YouTube/BritishBiker Philippines)
Kijang Kapsul. (YouTube/BritishBiker Philippines)

Saat menjelaskan tentang sejarahnya, bule ini bahkan agak kesulitan menyebut nama Kijang "Toyota Indonesia memperkenalkan mobil bernama Kijang, atau Kayang. Aku minta maaf karena aku tidak bisa bahasa Indonesia,"

Setelah itu, bule ini menjelaskan mengapa Toyota Kijang generasi ke-4 yaitu Kijang Kapsul varian Kijang Krista sebagai mobil terbaik se-Asia Tenggara "Sudah lebih dari 40 tahun, orang-orang masih menyukai mobil AUV ini. Seperti Mitsubishi dan Isuzu yang memproduksi mobil-mobil sejenis. (Mobil ini) kokoh, tidak neko-neko, dengan kapasitas bagasi yang luas, bodi dan sasis yang tangguh dan tahan lama,"

"Menggunakan penggerak roda belakang atau RWD (Rear While Drive), tersedianya pilihan mesin bensin dan diesel, kapasitas penumpang yang besar. Bahkan bisa membawa 10 penumpang dengan cukup nyaman, serta ground clearance yang tinggi. Ini penting untuk jalanan di Asia Tenggara." Ia menjelaskan.

Sudah jadi rahasia umum bahwa Kijang merupakan akronim dari 'Kerja sama Indonesia-Jepang', maka mobil ini pun diproduksi di pabrik Toyota di Indonesia.

Namun saat diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Kijang pun mengubah namanya menyesuaikan dengan nama negara tersebut.

Di Filipina, Kijang menjadi Toyota Tamaraw atau Revo. Di Malaysia dan Singapura menjadi Toyota Unser, lalu di Vietnam dan Taiwan menjadi Toyota Zace. Lalu di Papua Nugini menjadi Toyota Traka.

Sementara di India, Kijang menjadi Toyota Qualis dan di Afrika bernama Toyota Stallion, Venturer atau Condor.

Berita Terkait

Berita Terkini