Senin, 14 Juni 2021

Jarang yang Tahu, Ini Dia Nenek Moyang Mobil Sport di Dunia

Mobil ini dilelang pada tahun 2016 lalu denga harga miliaran rupiah.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mobil Ferrari. (pixabay)
Ilustrasi mobil Ferrari. (pixabay)

Mobimoto.com - Pangsa otomotif dunia diramaikan oleh berbagai jenis mobil, salah satunya mobil sport. Tapi meski familiar dengan namanya, tak banyak yang tahu siapa nenek moyang mobil sport di dunia.

Mobil sport tertua di dunia dikenal dengan nama Vauxhall 'Prince Henry' Sport Torpedo. Sesuai namanya, mobil itu dipesan oleh Pangeran Harry dari seorang perancang berkebangsaan Inggris, Laurence Pomeroy di tahun 1914.

Lalu, Vauxhall Sport Torpedo dihibahkan kepada T.W Badgerry, rekan bisnis Pangeran Harry. Si pemilik asli merasa terkesan dengan performa mobil itu.

Dikutip dari laman Mirror.uk, pada masanya Vauxhall Sport Torpedo mampu melaju dengan kecepatan 129 km/jam. Performa tersebut diperoleh dari mesin empat liter dengan tenaga 25 bhp.

Tidak diketahui pasti ketersediaan saat awal produksi, namun selang beberapa tahun ketersediaan nenek moyang mobil sport di dunia kian menipis. Bahkan hanya tersisa tujuh unit dan menjadi produk langka.

Vauxhall 'Prince Henry' Sport Torpedo. (YouTube/News Excluxive Today)
Vauxhall 'Prince Henry' Sport Torpedo. (YouTube/News Exclusive Today)

Satu unit Vauxhall Sport Tornado ditawarkan oleh Rumah Lelang Bonhams di London, Inggris pada 2016. Terbilang langka dan bersejarah, mobil itu ditawarkan dengan harga 600.000 poundsterling atau Rp 8,8 miliar saat itu.

Sedangkan pemilik terakhir mobil itu diketahui bernam Red Long. Ia merawat Vauxhall selama 46 tahun sampai meninggal dunia.

Terkait

Terkini