Mobil

Bikin Takjub, Petugas SPBU Pamer Cara Deteksi Uang Palsu Pakai Bensin

Bisa buat pelajaran, untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Dany Garjito | Husna Rahmayunita

Cara mendeteksi uang palsu ala petugas SPBU. (Facebookk/Ahmad Hudlori)
Cara mendeteksi uang palsu ala petugas SPBU. (Facebookk/Ahmad Hudlori)

Mobimoto.com - Jelang Lebaran, uang palsu mulai beredar di pasaran dan patut diwaspadai. Menariknya, seorang petugas wanita di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menunjukkan cara mendeteksi uang palsu dengan bensin.

Kejadian itu ditunjukkan lewat video yang diunggah akun Ahmad Hudlori pada Rabu (8/5). Awalnya, pemobil tersebut hendak melakukan perjalanan dari Kediri ke Blitar. Tapi karena indikator bensin mobil menunjukkan huruf E, ia kemudian mampir ke SPBU. 

Apesnya, saat hendak membayar dengan tiga lembar uang Rp 50.000, seorang petugas mengatakan kalau selembar uangnya palsu. Padahal, menurut pengakuan Ahmad Hudlori, uang tersebut diambil dari ATM.

Petugas SPBU kemudian membuktikan kalau uang tersebut palsu lewat cara yang belum banyak diketahui orang. Yaitu dengan menyiram bensin ke lembaran uang yang diduga palsu.

Tak disangka, setelah disiram air bensin ternyata uang palsu Rp 50.000 pudar warnanya, security thread (garis-garis tulisan Bank Indonesia) aneh dan lembaran uang terbelah jadi dua dengan mudahnya. Alhasil, Ahmad Hudlori pun merasa kecewa dan bingung, uang dari ATM kok bisa palsu.

Saking menariknya, cara mendeteksi uang palsu ala petugas SPBU pun tak luput dari perhatian netizen. Mereka kemudian memberikan pujian seperti ini.

"Waaaah hebat banget nih petugas SPBU," komen Zainal Arifin.

"Si mbaknya jenius banget nih," tulis Zainul Lenk Cihembz.

Selengkapnya, ini dia vidoenya.

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini