Mobil

Pemobil Ditilang Gegara Tak Pakai Helm, Bikin Miris Akhir Ceritanya

Kok bisa ya?

Rauhanda Riyantama | Husna Rahmayunita

Ilustrasi mobil. (Facebook/Mulia Lailansyah Ramadhan)
Ilustrasi mobil. (Facebook/Mulia Lailansyah Ramadhan)

Mobimoto.com - Sebuah peristiwa unik terjadi di India, seorang pemobil ditilang polisi gegara tidak memakai helm. Padahal, selama helm dikenal sebagai aksesoris pengemudi kendaraan roda dua.

Dikutip dari laman rushlane.com, pemobil apes tersebut ernama Gopa Kumar. Setelah mengalami hal yang terduga, ia kemudian curhat lewat Facebook dan langsung menjadi viral.

Saat itu, ia tengah bepergian bersama keluarganya menuju ke Shasthankota Chavara dengan mengendarai mobil Tata Nexton. Tapi, tiba-tiba mereka dihentikan oleh polisi dan kena tilang dengan alasan yang tidak masuk akal.

"Satu hal lagi menambah sejarah Kepolisian Kerala (sebuah wilayah di India), saya bepergian dengan rute Shasthankota Chavara dengan mobil Tata Nexton bersama keluarga. Saya mengendarai mobil ketika polisi menghentikan saya dan mendenda saya karena tidak memakaihelm," tulis Gopa Kumar.

Pemobil ditilang gegara tak pakai helm. (Facebook/Gopa Kumar)
Pemobil ditilang gegara tak pakai helm. (Facebook/Gopa Kumar)

Tak ingin berbelit-belit, Gopa Kumar membayar denda untuk surat tilang bertuliskan 'No Helmet'. Tapi setelah ditelusuri lebih lanjut, sebuah fakta kemudian terungkap.

Kepolisian Kerala terbukti kerap lalai, beberapa pengendara ditilang dengan surat tilang tidak masuk akal. Selain pemobil yang tidak memakai helm, konon seorang pemotor Royal Enfield pernah ditilang dengan tuduhan tidak memakai sabuk pengaman. Kok berkebalikan ya?

Kepolisian Kerala dianggap terlalu berburu-buru saat memberikan surat tilang, tanpa melihat siapa yang ditilang. Hal itu dilakukan, agar para pengendara lebih cepat membayar denda dan tidak menimbulkan kemacetan di lokasi tilang.

Mirisnya, kelalaian tersebut bukan masalah yang besar di India. Sebab, polisi di sana tidak begitu mempedulikan pelanggaran lalu lintas yang dibuat, beda dengan negara lain yang langsung mencabut lisensi berkendara.

Berita Terkait

Berita Terkini