Senin, 16 September 2019

Mobil Sejuta Umat di Indonesia, Ini Harga Avanza dan Mobilio di Singapura

Di Indonesia, Toyota Avanza disebut sebagai mobil sejuta umat karena harganya bersahabat.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Peluncuran New Avanza dan New Veloz. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)
Peluncuran New Avanza dan New Veloz. (Mobimoto/Cesar Uji Tawakal)

Mobimoto.com - Di Indonesia, Toyota Avanza sudah lekat dengan julukan mobil sejuta umat. Alasannya, tak jauh dari harga yang bersahabat serta kapasitas kabin yang cukup lega. Dengan harga Rp 200 jutaan, Toyota Avanza sudah bisa dibawa pulang. Tapi di Singapura, harga Toyota Avanza melejit hingga mencapai miliaran rupiah, lho. Ternyata inilah sebabnya.

Melalui penelusuran di salah satu situs jual beli mobil di Singapura, sgcarmart.com, diketahui kalau harga Toyota Avanza 1.5 mencapai 114,888 Dolar Singapura atau setara dengan Rp 1,199 miliar, lho.

Harga Toyota Avanza 1.5 di Singapura. (Screenshot/Situs Jual Beli Mobil SG Car Mart)
Harga Toyota Avanza 1.5 di Singapura. (Screenshot Situs Jual Beli Mobil SG Car Mart)

Tak cuma Toyota Avanza, mobil sejuta umat yang lain, Honda Mobilio pun punya banderol harga yang tak jauh berbeda. Masih dari situs yang sama, Honda Mobilio 1.5 RS Basic, yang merupakan varian termahal, dijual seharga 107,999 Dolar Singapura, atau sekitar Rp 1,127 miliar.

Padahal di Indonesia, harga Honda Mobilio RS 1.5 dibanderol dengan harga Rp 237,5 jutaan saja.

Harga Honda Mobilio 1.5 RS Luxe di Singapura. (Screenshot/Situs Jual Beli Mobil SG Car Mart)
Harga Honda Mobilio 1.5 RS Luxe di Singapura. (Screenshot Situs Jual Beli Mobil SG Car Mart)

Penasaran, Mobimoto.com pun mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan harga mobil di Singapura bisa begitu mahal. Padahal di Indonesia, Toyota Avanza dan Honda Mobilio, kerap dijuluki sebagai mobil sejuta umat.

Melansir Dollars and Sense, penyebab mahalnya harga mobil di Singapura adalah beban pajak yang cukup banyak.

Setidaknya ada lima faktor yang menentukan harga sebuah mobil di Singapura. Yang pertama ada Open Market Value (OMV), yang menjadi dasar atau tolok ukur harga sebuah mobil baru.

Kedua, ada ARF atau Additional Registration Fee. ARF adalah pajak yang harus dibayarkan, ketika mobil akan diregistrasikan. Besaran ARF pun bervariasi, mulai dari 100 hingga 180 persen OMV.

Lalu yang ketiga, ada Excise Duty atau cukai yang nilainya 20 persen dari harga dasar mobil atau OMV, dan juga GST yang nilainya mencapai 7 persen OMV.

Berikutnya ada COE (Certificate of Entitlement). Singkatnya COE adalah surat izin agar mobil bisa melewati setiap ruas jalan di Singapura, dan hanya berlaku selama 10 tahun saja.

Terakhir adalah Dealers Margin, atau nilai keuntungan untuk diler mobil. Angka Dealers Margin merupakan hasil penjumlahan dari OMV, ARF, cukai atau Excise Duty, GST dan COE.

Jadi terjawab sudah, penyebab mobil sejuta umat sepeti Toyota Avanza dan Honda Mobilio, harganya bisa mencapai miliaran rupiah di Singapura.

Terkait

Terkini