Rabu, 26 Februari 2020

Sebuah Truk Tertabrak KA, Warganet Salah Fokus dan Soroti Rem Kereta

Karena ban nyangkut, truk ini terjebak di perlintasan kereta api (KA) hingga akhirnya tertabrak.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Sebuah Truk Dengan Muatan Pasir Tersangkut di Atas Perlintasan Kereta Api. (Instagram/romansasopirtruck)
Sebuah Truk Dengan Muatan Pasir Tersangkut di Atas Perlintasan Kereta Api. (Instagram/romansasopirtruck)

Mobimoto.com - Insiden kecelakaan yang melibatkan truk dan kereta api (KA) kembali terjadi di salah satu perlintasan kereta di Cibening, Purwakarta, Jawa Barat. Kabarnya, truk tersebut nyangkut karena salah satu roda terperosok ke rel. Namun pada kejadian yang terekam video tersebut, warganet malah salah fokus dan mengomentari hal ini, Sob.

Dua buah video yang memperlihatkan detik-detik truk bermuatan pasir, yang tertabrak KA di perlintasan kereta karena tersangkut ini, diunggah oleh akun @romansasopirtruck di jejaring Instagram.

Pada video pertama, terlihat bagian depan truk itu berada di atas rel kereta. Bisa dilihat juga, truk tersebut seperti ditopang sebuah balok kayu di bagian baknya.

''Waduh, kereta euy. Mobil nyangkut,'' kata seorang pria yang merekam video tersebut.

Pria tersebut pun kemudian meneriaki beberapa orang yang ada di dekat mobil dan di dekat rel kereta untuk minggir, karena kereta sudah semakin dekat.

Dari kejauhan, juga terlihat seorang pria yang mengangkat sebuah papan, untuk memberi informasi kepada masinis kereta untuk melambatkan lajunya karena ada truk yang tersangkut.

Tapi karena jaraknya terlalu dekat, kereta pun tidak bisa melakukan pengereman tepat waktu. Kereta baru berhenti beberapa saat setelah menabrak truk tersebut.

Beruntung, tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut karena sopir beserta kernet sudah lebih dulu keluar dari truk.

Namun beberapa warganet malah salah fokus dan menyoroti sistem pengereman pada kereta api.

''Sayang sih ya, keretanya gak ABS,'' kata @ahmadnfirmansyah.

''Mungkin itu yg temen aku bilang,, rem senin kamis,,, ngerem nya senin berhentinya kamis.'' Komentar @ridwan_danny.m.

Seperti kita ketahui bersama, Kereta Api memang tidak bisa berhenti secara mendadak atau tiba-tiba, Sob. KA butuh jarak pengereman yang cukup jauh, meski sudah menggunakan rem darurat alias emergency brake.

Kejadian tersebut, tentu jadi pelajaran untuk kita semua agar lebih berhati-hati lagi saat akan melewati perlintasan kereta api (KA).

Terkait

Terkini