Mobil

Jarang yang Tahu, Daihatsu Hijet Punya Kembaran yang Dibuat Piaggio

Kedua mobil ini berbagi 'nenek moyang' yang sama.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Piaggio Porter. (rac.co.uk)
Piaggio Porter. (rac.co.uk)

Mobimoto.com - Mobil Daihatsu Hijet pernah menghiasi jalanan-jalanan di Indonesia hingga akhirnya minivan tersebut disuntik mati. Namun ternyata, rival dari Suzuki Carry tersebut ternyata punya kembaran yang berasal dari Italia.

Mobil tersebut adalah Piaggio Porter Innocenti. Mini van ini merupakan produk yang dikembangkan oleh kerja sama dari kedua perusahaan tersebut. Walaupun kembar 'beda ayah', baik Daihatsu Hijet dan Piaggio Porter ini dikembangkan dari platform yang sama.

Yang menarik adalah, mobil yang pertama kali dikembangkan 1960 oleh Daihatsu ini mengusung mesin 360 cc 2-Tak yang akhirnya ditingkatkan menjadi 550 cc tahun 1976 dan 660 cc pada 1990, sebelum akhirnya Piaggio mendapat lisensi untuk memproduksinya secara mandiri pada tahun 1992, dengan mesin yang mampu menghasilkan tenaga 48 PS.

Berbeda dengan di Italia, versi update mobil ini di Indonesia dikenal dengan nama Daihatsu Zebra Espass. Walaupun sudah berbeda baik mesin maupun bentuknya, kedua mobil ini berbagi 'nenek moyang' yang sama. Dan kini, penerus dari mobil tersebut adalah Daihatsu Gran max yang kini masih ramai berseliweran di jalanan tanah air.

Berita Terkait

Berita Terkini