Mobil

Trauma di Hari Tua, Ratu Elizabeth II Kapok Menyetir Mobil

Kira-kira karena alasan apa ya?

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ratu Elizabeth II. (pixabay)
Ratu Elizabeth II. (pixabay)

Mobimoto.com - Pada tanggal 21 April mendatang, Ratu Elizabeth II akan berulang tahun ke-93. Beberapa hari sebelum memasuki usia baru, ia malah memutuskan untuk berhenti menyetir mobil.

Seperti yang diketahui, meski menjadi orang nomor satu di Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II sering mengemudikan mobil sendirian. Seperti halnya yang dilakukan suaminya, Pangeran Philip.

Soal berkendara, nenek dari Pangeran William dan Harry juga punya hak istimewa. Ia menjadi satu-satunya orang yang bebas berkendara kemana saja tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM).

Selain itu, Ratu juga tidak perlu mengikuti tes mengemudi. Ia belajar mengemudi pada usia 19 tahun dan dilatih sebagai pengemudi ambulans selama Perang Dunia II.

Dikutip dari laman autoevolution, tiba-tiba Ratu Elizabeth II kapok menyetir mobil. Hal itu dikarenakan rasa trauma akibat kecelakaan yang menimpa Pangeran Philip beberapa waktu lalu.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. (Shutterstock)
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. (Shutterstock)

Kecelakaan itu memang cukup parah dan mengakibatkan seorang pemobil patah tulang. Sedangkan Pangeran Philip mengalami cedera ringan.

Di sisi lain, Ratu Elizabeth II juga memiliki mobil kesayangan yakni Jaguar dan Land Rover. Hobi menyetir mobil ala sang empunya Kerajaan Inggris bahkan pernah ditulis dalam sebuah anekdot Sir Sherard Cowper-Coles yang saat itu menceritakan pengalaman mantan duta besar Arab Saudi.

"Setelah makan siang, sang Ratu bertanya kepada tamunya, apakah dia ingin tur ke perkebunan," tulis Cowper-Coles.

"Yang mengejutkan, Ratu langsung naik ke kursi pengemudi, memutar kunci kontak dan pergi. Abdullah tidak terbiasa disopiri oleh seorang wanita, apalagi seorang ratu. Melalui penerjemahnya, ia memohon kepada ratu untuk memperlambat laju dan berkonsentrasi di jalan," lanjutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini