Kamis, 22 Agustus 2019

Tetangga yang Suka Asal Parkir Ternyata Dapat Perkarakan, Ini Pasalnya

Hati-hati yang gemar sembarangan parkir...

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Mobil (kuning) ini terparkir sembarangan, menghalangi pemilik mobil lain. (Facebook/SANDAKANKINI)
Mobil (kuning) ini terparkir sembarangan, menghalangi pemilik mobil lain. (Facebook/SANDAKANKINI)

Mobimoto.com - Tetangga anda doyan parkir kendaraan sembarangan? Sering menghalangi jalan di depan rumah anda? Atau merugikan anda? Tenang, jika anda merasa jengah walaupun sudah memperingatkan berkali-kali dan anda cukup senggang untuk hadir ke ruang sidang, maka anda dapat menggugat tetangga anda secara perdata.

Hal ini tercatat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, salah satunya adalah Pasal 671 KUH Perdata yang berbunyi "Jalan setapak, lorong atau jalan besar milik bersama dan beberapa tetangga yang digunakan untuk jalan keluar bersama, tidak boleh dipindahkan, dirusak atau dipakai untuk keperluan lain dari tujuan yang telah ditetapkan kecuali dengan izin semua yang berkepentingan."

Parkir di Tempat Teduh. (pexels)
Ilustrasi Parkir di Tempat Teduh. (pexels)

Tak cuma satu pasal, ternyata ada pasal lainnya, yakni Pasal 1365 KUH Perdata yang berbunyi "Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan merugikan kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut."

Walaupun demikian, sebelum memeja-hijaukan tetangga, ada baiknya untuk 'ngobrol' baik-baik dulu dengan tetangga dan menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Lagi pula, tetangga adalah saudara terdekat kita, kan?

Terkait

Terkini