Mobil

Kelewat Mirip Tapi Beda Negara Asal, Mobil-Mobil Ini Ternyata Masih Saudara

Bentuk mirip beda kasta...

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Tiga mobil yang kelewat mirip.
Tiga mobil yang kelewat mirip.

Mobimoto.com - Strategi kerjasama antar pabrikan mobil memang jamak ditemukan. Misalnya Avanza-Xenia dari duo Toyota dan Daihatsu, atau Xpander-Livina milik duo Mitsubishi dan Nissan. Namun berbeda dengan mobil-mobil tersebut di mana keduanya dianggap satu kasta, mobil berikut ini walaupun berdesain mirip namun prestisenya berbeda.

Siapa sajakah mereka? Mobil-mobil tersebut adalah Wuling Almaz, Chevrolet Captiva dan MG Hector. Ketiga mobil tersebut memiliki desain yang identik. Namun ketiganya diproduksi oleh pabrikan yang berbeda, dan tanpa embel-embel 'kongsi' seperti pada contoh yang telah disebutkan sebelumnya. Namun ketiga pabrikan tersebut bernaung di perusahaan induk yang sama, yakni raksasa otomotif asal Amerika, General Motors.

Seperti apasih kemiripan ketiga mobil tersebut? Berikut foto-fotonya.

1. Wuling Almaz

Wuling Almaz. (Suara.com/Manuel Jeghesta Naiggolan)
Wuling Almaz. (Suara.com/Manuel Jeghesta Naiggolan)

Di Indonesia, mobil pabrikan China ini beredar dengan kisaran harga Rp.319 jutaan untuk wilayah Jakarta.

2. Chevrolet Captiva

Chevrolet Captiva 2020. (topgear.com/ph)
Chevrolet Captiva 2020. (topgear.com/ph)

Berbeda dengan yang sebelumnya, mobil bercita rasa Amerika ini dibanderol dengan harga Rp.500 jutaan, membuat dirinya berada di kasta yang berbeda.

3. 'Morris Garage' MG Hector

Tiga mobil yang kelewat mirip. (thequint.com)
Tiga mobil yang kelewat mirip. (thequint.com)

Mobil MG (Morris Garage) ini tidak hadir di Indonesia. Hanya saja mobil buatan pabrikan India ini modelnya yang sangat mirip dengan pabrikan sebelumnya membuat mobil ini seperti saudara kembar yang lama terpisah.

Itulah tiga pabrikan mobil yang berasal dari tiga negara yang berbeda tetapi produknya kelewat mirip. Paling suka yang mana nih?

Berita Terkait

Berita Terkini