Senin, 27 Mei 2019

Tak Berhenti di Mobil Sport, Toyota Kembangkan Mobil Penjelajah Bulan

Mungkin mereka akan membuat 'Avanza'-nya bulan.

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal
Kendaraan penjelajah bulan Toyota. (foxnews.com)
Kendaraan penjelajah bulan Toyota. (foxnews.com)

Mobimoto.com - Perusahaan asal Jepang, Toyota memang terkenal sebagai produsen mobil. Mulai dari mobil ekonomis hingga mobil sport kelas premium pernah masuk 'ruang produksi' dari Toyota. Namun tak berhenti di situ, produsen dari mobil sejuta umat, Avanza, ini juga dilaporkan sedang dalam proses membuat gebrakan baru.

Bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Toyota berencana melakukan pendaratan ke bulan pada 2029. Tak cuma asal mendarat, perusahaan mobil tersebut juga berencana mengembangkan sebuah kendaraan untuk menjelajah di bulan.

''Di JAXA, kami mempelajari bermacam-macam skenario dan juga teknologi untuk diterapkan  di misi bulan yang spesifik.'' ujar Wakil Presiden JAXA, Koichi Wakata dikutip dari Fox News (14/3).

Kendaraan yang akan dikembangkan oleh Toyota bakal ditenagai oleh sel bahan bakar yang mampu menggerakkan kendaraan tersebut sejauh 6,000 mil atau sekitar 9.656 km di permukaan bulan.

Sel bahan bakar merupakan teknologi energi ramah lingkungan dan hanya menghasilkan emisi berupa 'ai' dan mengurangi 'produksi' zat-zat yang membahayakan. Kendaraan ini kabarnya akan memiliki dimensi sekitar dua mikro bus alias sekitar 6 meter panjang, 5 meter lebar dan hampir 4 meter untuk tingginya.

Terkait

Terkini