Mobil

Sistem Face ID Apple Bakal Disematkan di Mobil, Mantap!

Di masa depan makin canggih saja fitur di mobil.

Angga Roni Priambodo

Mobil warna kuning
Mobil warna kuning

Mobimoto.com - Sistem keamanan kendaraan selalu berhubungan erat dengan kasus pencurian kendaraan yang terjadi. Makin lemah sistem keamanannya makin muda pula pencuri melakukan aksinya. Namun masalah itu sepertinya akan segera bisa diatasi berkat teknologi pengenal wajah (Face ID) milik Apple.

Teknologi pengenal wajah nan canggih ini siap diaplikasikan sebagai perangkat pengamanan untuk diterapkan pada mobil di masa depan.

Mengutip Carcoops, cara kerja teknologi tadi sebenarnya tidak jauh berbeda seperti pada perangkat smartphone Apple. Untuk membuka kunci mobil dan menyalakannya, sistem akan meminta pengguna melakukan scan wajah sebagai akses yang disetujui sistem.

Mobil dengan Kemudi di Sisi Kanan/pixabay.com
Mobil dengan Kemudi di Sisi Kanan/pixabay.com

Tidak hanya sampai di situ, sistem juga bekerja pada posisi jok yang telah tersimpan dalam memori, pemutar lagu bahkan pengaturan iklim yang sebelumnya sudah disesuaikan oleh pemilik.

Meski belum diterapkan pada mobil, namun sistem keamanan pengenalan wajah ini, merupakan langkah pengembangan yang dilakukan perusahaan teknologi.

Seperti diketahui, sistem pengenalan wajah sebenarnya sudah lebih dulu tersemat pada smartphone iPhone. Namun, meski disebut-sebut teknologi ini cukup aman, nyatanya teknologi keamanan sempat beberapa kali berhasil diretas. Bahkan belakangan sistem keamanan pengenal wajah milik Apple ini sempat diretas oleh bocah berusia 10 tahun.

Namun, sejurus dengan nama teknologi, hendaknya kemajuan terus diterapkan agar produk-produk otomotif tak menjadi sasaran empuk bagi maling.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan

 

Berita Terkait

Berita Terkini