Mobil

Keren, Fitur Autopilot di Mobil Tesla Selamatkan Nyawa Sang Pengemudi

Sebelumnya, fitur autopilot di mobil elektrik Tesla kerap menuai kontroversi, kini fitur tersebut berhasil selamatkan nyawa sang pengemudi.

Dany Garjito | Praba Mustika

Fitur Autopilot di Mobil Tesla Berhasil Selamatkan Pengemudi Dari Kecelakaan. (YouTube/Amit Patel)
Fitur Autopilot di Mobil Tesla Berhasil Selamatkan Pengemudi Dari Kecelakaan. (YouTube/Amit Patel)

Mobimoto.com - Fitur autopilot yang disematkan Tesla pada mobil elektriknya, sering menuai kontroversi. Karena dianggap masih butuh adaptasi dengan kondisi nyata di jalan raya. Tapi nampaknya pengembangan fitur autopilot di mobil produksi Tesla cukup berhasil. Setelah seorang pengemudi Tesla Model 3 terhindar dari kecelakaan yang bisa saja merenggut nyawanya.

Melansir Electrek, pemobil yang mengendarai Tesla Model 3 di Connecticut ini memanfaatkan fitur autopilot yang tersedia di mobilnya.

Melalui rekaman kamera dashboard atau dashcam, terlihat bagaimana fitur autopilot berhasil menyelamatkan mobil dan juga pengemudinya dari kecelakaan.

Amit Patel, sang pengemudi mengatakan, saat itu ia sedang melaju di jalur cepat, sampai ada mobil yang mencoba mendahuluinya dengan cara yang membahayakan.

''Aku ingat ketika mendahului sebuah mobil berwarna silver, tiba-tiba saja mobilku membunyikan suara alarm dan mobil langsung membanting setir ke sisi kiri. Aku pun cukup kaget, ketika setir langsung membanting ke kiri. Seketika, Aku merasa akan menabrak pembatas jalan. Aku merasa tidak sempat untuk mengemudikan setir kembali. Tapi, mobil malah mencoba menstabilkan posisinya kembali, sesuai jalurnya,'' kata Amit Patel.

Sumber video: Amit Patel

Namun, fitur autopilot yang disematkan di mobil keluaran Tesla tidak mampu melakukan gerakan secepat itu sendirian. Sepertinya, fitur side collision avoidance system-lah, yang membantu mobil kembali ke posisi semula.

Setelah keluar dari highway, Amit pun berhenti dan memeriksa sisi mobil. Ia khawatir ada benturan yang menyebabkan kerusakan. Tapi, ternyata tidak ada kerusakan sama sekali, Sob.

Tesla, jelas perlu mengembangkan fitur autopilot di mobil mereka. Apalagi jika bisa memaksimalkan fitur dan sistem keselamatan, seperti yang dialami Amit di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini