Mobil

Tak Cuma Buat Superbike, Ternyata MV Agusta Pernah Bikin Go Kart

Gokart ciamik ini hasil kolaborasi dengan 'bapak gokart dunia'.

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

MV Agusta Tony Go Kart. (artcurial.com)
MV Agusta Tony Go Kart. (artcurial.com)

Mobimoto.com - Produsen motor eksotis asal Italia, MV Agusta selain menjadi produsen dari motor gede berperforma tinggi ternyata mereka juga pernah membuat go kart. Go kart ini merupakan hasil kerjasama antara MV Agusta dengan Antonio Bosio.

Sebagaimana dikutip dari Silodrome (2/2) Antonio Bosio adalah 'penemu' dari kendaraan yang menjadi cikal bakal dari go kart. Bahkan hingga kini, kebanyakan desain go kart masih terinspirasi dari 'mobil balap mini' satu ini.

MV Agusta Tony Go Kart. (artcurial.com)
MV Agusta Tony Go Kart. (artcurial.com)

Mengenai kerja sama dari kedua 'ikon' Italia tersebut, tercipatalah gokart yang bernama MV Agusta Tony Go Kart, atau singkatnya bernama Tony Kart. Mobil ini mulai dikembangkan pada tahun 1958.

Mesin dari Tony Kart ini dilengkapi dengan kaliper 'mengambang' mono piston yang merupakan  mesin yang digunakan untuk balapan go kart.

Go kart satu ini termasuk dalam kendaraan yang dikembangkan dalam versi awal. Kendaraan ini memperlihatkan desain sasis yang terlihat familiar dengan desain go kart terkini.

MV Agusta Tony Go Kart. (artcurial.com)
MV Agusta Tony Go Kart. (artcurial.com)

Mengenai mesin, Tony Kart dilengkapi dengan mesin MV AGusta berkapasitas 150cc 4 tak dengan pendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,2 HP.

Go kart ini dilengkapi dengan mesin bertransmisi manual 4 percepatan dan tuas persneling di sisi tangan kanan.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin go kart ini disalurkan dengan rantai yang terhubung dengan roda belakang. Untuk masalah sistem pengabutan bahan bakar, Tony Kart menggunakan karburator Delloreto.

Kini Tony Kart satu ini telah direstorasi dan dijual dengan taksiran harga sekitar 14.000 Euro atau sekitar Rp 225 juta-an. Mahal juga ya? Namanya juga barang antik.

Berita Terkait

Berita Terkini