Mobil

Gantikan Manusia, Bandara Gatwick Siapkan Robot Untuk Parkir Valet

Meski belum diterapkan, robot parkir valet ini masih menuai pro dan kontra.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Gantikan Manusia, Bandara Gatwick Siapkan Robot Untuk Parkir Valet. (Carscoops)
Gantikan Manusia, Bandara Gatwick Siapkan Robot Untuk Parkir Valet. (Carscoops)

Mobimoto.com - Bagi pemilik mobil, parkir valet dianggap memudahkan karena tidak perlu pusing mencari tempat parkir. Ada petugas yang akan membawa mobil kita dan mencarikan tempat parkir. Namun di masa depan, para petugas parkir valet itu, sepertinya bisa saja tergantikan oleh robot. Seperti yang akan diterapkan di bandara Gatwick di Inggris.

Bandar udara Gatwick yang terletak di London ini sedang menyiapkan eksperimen penggunaan robot otonom yang akan membawa mobil ke tempat parkir. Serupa dengan konsep parkir valet.

Melansir Carscoops, robot otonom yang akan membawa mobil itu memiliki moncong yang panjang, untuk mengangkat mobil dan membawanya ke tempat parkir yang tersedia.

Pihak bandara berharap sistem parkir valet dengan menggunakan robot otonom ini, bisa memaksimalkan ruang parkir untuk kendaraan.

Robot otonom tersebut diproduksi oleh perusahaan bernama Stanley Robotics. Bahkan, robot otonom ini juga telah diuji coba di bandara Charles De Gaulle dan bandara Lyon di Perancis.

Meski masih dalam tahap rencana, sistem parkir valet dengan robot otonom ini cukup menuai pro dan kontra.

Bandara Gatwick akan menguji coba selama tiga bulan dan menggantikan 170 lahan parkir tradisional dengan 270 titik pengambilan mobil oleh robot.

Secara sederhana, pemobil tinggal menaruh mobilnya ke sebuah garasi, memesan melalui ponsel pintar dengan cara memindai QR Code. Jika sudah, robot otonom akan membawa mobil ke tempat parkir yang masih tersedia.

Sumber video: Stanley Robotics

Yang menariknya lagi, robot otonom ini juga akan membaca tentang jadwal penerbangan kembali si pemilik mobil. Jadi, setibanya di bandara Gatwick, pemobil tinggal menunggu mobilnya diantarkan oleh si robot otonom.

Berita Terkait

Berita Terkini