Mobil

Kepoin Mobil Steve McQueen di Film Le Mans, Desain Eksotis Performa Bengis

Mobil ini juga digunakan untuk kompetisi balap.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Film yang dibintangi Steve McQueen,
Film yang dibintangi Steve McQueen, "Le Mans". (telegraph.co.uk)

Mobimoto.com - Aktor asal Amerika Serikat, Steve McQueen merupakan salah satu aktor yang legendaris. Tercatat sudah banyak film yang ia bintangi, salah satunya adalah film berjudul Le Mans tahun 1971.

Film yang mengisahkan mengenai sepak terjang seorang pembalap bernama Michael Delaney dalam sebuah kejuaraan 24 Hours of Le mans. Dalam film tersebut, Michael (Steve McQueen) mengendarai sebuah mobil yang memiliki desain eksotis. Mobil apa itu?

Mobil yang digunakan oleh Steve McQueen, "Le Mans". (wikimedia.org)
Mobil yang digunakan oleh Steve McQueen, "Le Mans". (wikimedia.org)

Mobil tersebut adalah Porsche 917. Mobil buatan Jerman tahun 1969-an ini hadir dalam tiga versi kapasitas mesin, yakni 4,5 L, 4,9 L, dan 5.0 L. Dalam pengembangannya, mobil ini melewati fase yang relatif singkat.

Mobil ini dikembangkan 1968 sebagai mobil sport prototipe. Mobil ini dikembangkan lantaran adanya perubahan aturan di FIA mengenai mobil balap yang pada waktu itu baru saja memperbolehkan penggunaan mobil berkapasitas mesin menjadi 5.0 Liter, dari sebelumnya yang 'cuma' 3 Liter.

Pengembangan mobil ini juga bertujuan untuk memenangkan kompetisi 24 Hour of Le Mans yang sesungguhnya, sesuai film yang dibintangi Steve McQueen tersebut. Porsche 917 ini dikembangkan dalam waktu 10 bulan dan ditenagai dengan mesin tipe "912 flat 12 engine".

Film yang dibintangi Steve McQueen, "Le Mans". (motorsportretro.com)
Film yang dibintangi Steve McQueen, "Le Mans". (motorsportretro.com)

Mengenai performa, mobil dengan varian 917/30 Can-Am dikabarkan mampu melesat dari 0-100 km/jam dengan waktu 2,3 detik, dan 0-200 km/jam memakan waktu selama 5,3 detik. Kecepatan maksimal dari mobil ini konon mampu menembus 386 km/jam. Walaupun lawas, performanya cukup bengi dan tidak kalahdengan mobil sport masa kini.

Mobil ini pertama kali dipamerkan pada tahun 1969 di Ganeva Auto Show. Mobil ini kabarnya hanya dibuat sebanyak 25 unit, merupakan mobil langka yang bakal bikin penasaran jika ditemui saat ini di jalanan.

Gimana, keren nggak nih mobil Steve McQueen di film Le Mans 1971?

Berita Terkait

Berita Terkini