Sabtu, 04 Juli 2020

Toyota Amerika Stop Produksi Yaris, Ini Alasannya

Tahun 2019 ini Toyota resmi menghentikan produksi Toyota Yaris.

Dany Garjito | Praba Mustika
cloud_download Baca offline
Toyota Yaris. (Carscoops)
Toyota Yaris. (Carscoops)

Mobimoto.com - Toyota Yaris pertama kali diproduksi pada 1999. Itu artinya, sudah 20 tahun mobil hatchback andalan Toyota ini diproduksi. Dan tepat 20 tahun, Toyota resmi menghentikan produksi Toyota Yaris untuk pasar Amerika, seperti dilansir Jalopnik.

Di Amerika Serikat, mobil Toyota Yaris yang masih beredar adalah mobil produksi tahun 2006 dan minat pasar terhadap Toyota Yaris pun sudah mulai mengalami penurunan. Sejak 2006 itu juga, Toyota Yaris menggunakan basis dari Mazda 2 sedan.

Selain dari kompetitor, Toyota Yaris juga mulai kalah pamor dibandingkan Toyota Corolla Hatchback dan mobil jenis crossover, yang dianggap lebih fungsional.

Toyota Yaris. (Carscoops)
Toyota Yaris. (Carscoops)

Padahal, sebelumnya Toyota pernah berencana untuk mengangkat pamor Toyota Yaris di Amerika, dengan menggunakan spesifikasi Toyota Yaris yang dijual di Eropa.

Meski begitu, Toyota Amerika menjanjikan akan tetap menjual Toyota Yaris versi sedan. Hal ini sejalan dengan prinsip Toyota yang meyakini kalau mobil sedan lebih nyaman untuk dikemudikan dibanding dengan varian hatchback.

Lebih lanjut, juru bicara Toyota, Nancy Hubbell menjanjikan akan ada model anyar di tahun 2020 nanti ''Kami sedang mengerjakan sesuatu untuk MY2020, detailnya, nanti di New York Auto Show.''

Terkait

Terkini