Mobil

Sistem Transmisi Manual Mulai Ditinggalkan Pabrikan, Ini Alasannya

Memang, lebih mudah mengendarai mobil matic.

Angga Roni Priambodo

Desain Render Toyota Supra 2019. (Supra MKV)
Desain Render Toyota Supra 2019. (Supra MKV)

Mobimoto.com - Mobil dengan transmisi automatic sekarang ini makin diminati konsumen. Beragam kemudahan yang didapat dari mobil matic membuat banyak orang mulai meninggalkan mobil bertransmisi manual. Tidak hanya tersedia untuk mobil penumpang, transmisi matic kini mulai diterapkan pada mobilsport. Hal ini tentu akan membuat mobil dengan trasmisi manual semakin sulit dicari.

Beberapa model sportcar yang akan diluncurkan tahun depan, seperti Toyota Supra dan Ford Mustang disebut hanya akan menawarkan mobil dengan transmisi matic. Kendati demikian, kedua produsen tersebut mengatakan masih tetap akan menyediakan transmisi manual untuk model sportcarnya.

Pindahkan Tuas Transmisi Mobil Matic Kamu ke Posisi P (Parkir). (pixabay)
Pindahkan Tuas Transmisi Mobil Matic Kamu ke Posisi P (Parkir). (pixabay)

Chief engineer Mustang, Carl Widdman mengungkapkan, Mustang GT500 dengan transmisi manual akan tersedia bila banyak permintaan dari konsumen. Tanggapan yang sama juga diberikan oleh Chief Engineer Toyota Supra, Tetsuya Tada yang menyatakan bahwa pabrikan asal Jepang itu siap memenuhi keinginan para loyalis Supra jika menerima respons yang cukup banyak untuk transmisi manual.

"Jika permintaan massal, itu akan menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan. Itu tergantung pada waktu yang tepat," ujar Tetsuya Tada, dikutip dari Carscoops, Jumat (18/1/2019).

Kondisi ini tentu memperkuat rumor bila transmisi manual akan ditinggalkan di masa mendatang. Pasalnya, model tersebut tidak lagi menjadi kebutuhan yang banyak dicari konsumen. Wah, siap-siap  belajar pakai mobil matic nih.

Suara.com/Manuel Jaghesta Nainggolan

Berita Terkait

Berita Terkini