Mobil

Gunakan Serat Alami, Porsche Ciptakan Bahan Mobil Dari Masa Depan

Natural FIber, punya banyak kelebihan dibandingkan Carbon Fiber.

Dany Garjito | Praba Mustika

Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport. (Porsche)
Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport. (Porsche)

Mobimoto.com - Perkembangan teknologi di industri otomotif memang seakan tidak pernah berhenti ya, Sob. Baru-baru ini Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport jadi yang pertama kali menggunakan serat alami dan disebut sebagai bahan pembuat bodi mobil dari masa depan. Wow.

Porsche menyebut bahan ini sebagai Natural Fiber. Sekilas, teksturnya serupa dengan Carbon Fiber yang sudah jamak digunakkan di mobil sport.

Melansir dari Road And Track, bahan yang digunakan untuk membuat Natural Fiber adalah serat dari batang tumbuhan rami, yang biasanya digunakan untuk membuat kain linen.

Natural Fiber buatan Porsche ini disebut jadi terobosan yang bisa terus dikembangkan dariada Carbon Fiber, lho. Selain itu, untuk membuat Natural Fiber, Porsche juga bisa menghemat energi hingga 75 persen.

Selain hemat energi, Eduard Ene, seorang ahli bahan dari Porsche Motorsport juga mengatakan kalau Natural Fiber bisa digunakan untuk banyak kebutuhan sekaligus. Dibandignkan Carbon Fiber yang perlu dilebur lagi sebelum dibentuk.

Tekstur Natural Fiber yang Mirip dengan Carbon Fiber. (Road and Track)
Tekstur Natural Fiber yang Mirip dengan Carbon Fiber. (Road and Track)

Kelebihan yang lain adalah pada kekuatan material Natural Fiber, Sob. Jika Carbon Fiber mengalami benturan, maka akan banyak membuat serpihan. Sedangkan Natural Fiber punya sifat penahan getaran yang lebih baik dibandingkan Carbon Fiber, sehingga ketika terjadi benturan tidak akan menimbulkan serpihan yang terlalu banyak.

Hal ini jadi sesuatu yang positif, apalagi jika digunakan di ajang balap, karena minim serpihan, Natural Fiber tidak membuat lintasan jadi kotor.

Tapi, kekuatan Carbon Fiber memang belum bisa disaingi oleh Natural Fiber. Sejauh ini, Porsche baru menggunakan Natural Fiber di pintu dan sayap pada mobil Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport.

Berita Terkait

Berita Terkini